Concept Luna (dok. Dell)

Dell Siapkan Teknologi Laptop Terbaru: Ramah Lingkungan & Berkelanjutan

16 December 2021   |   16:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perusahaan penyedia perangkat komputer Dell Technologies mengumumkan sebuah konsep unik untuk mendorong produk laptop besutannya memiliki nilai berkelanjutan (sustainablity), yang belakangan seringkali menjadi topik pembicaraan banyak kalangan.

Dell memperkenalkan Concept Luna yang dikembangkan melalui kerja sama dengan raksasa teknologi Intel. Proyek ini mengeksplorasi ide-ide desain revolusioner untuk membuat komponen dapat diakses, diganti, dan digunakan kembali.

Dengan demikian, desain ini dapat mengurangi penggunaan sumber daya dan menjaga lebih banyak material yang sulit didapatkan. Perusahaan menyebut, Concept Luna akan dapat mengurangi 50 persen jejak karbon produk secara keseluruhan.

"Kami mencari cara baru untuk meningkatkan efisiensi energi, menghasilkan daya dan pendingin yang lebih baik, serta bereksperimen dengan bahan yang memiliki jejak karbon lebih kecil untuk membantu menghadirkan perangkat yang lebih ter-dekarbonisasi," tulis perusahaan dalam situs resminya.

Secara teknis, beberapa hal yang dilakukan antara lain menyusutkan 75 persen luas total dan 20 persen komponen sekitar motherboard, sebagai salah satu bagian laptop yang paling banyak menghasilkan energi.

Selain itu, perusahaan juga mempertimbangkan kembali tata letak semua komponen internal dan mengkombinasikannya dengan metode baru, yang tidak hanya efisien tapi juga memberi efek positif seperti distribusi panas lebih baik.

Ada juga pengembangan sasis aluminium yang diproses menggunakan tenaga air dan memakai konstrksi aluminium yang diklaim membutuhkan lebih sedikit energi tapi menghasilkan skrap yang minimal.

Dalam sebuah video berdurasi sekitar dua menit yang diunggah di kanal YouTube perusahaan, Dell memperlihatkan dengan detail hal-hal yang dilakukan untuk menciptakan laptop dengan lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.



Editor : M R Purboyo

SEBELUMNYA

Gen Z Bisa Banget Lho Bisnis Bermodal Smartphone, Begini Caranya!

BERIKUTNYA

Chansung 2PM Akan Hengkang dari JYP Entertainment

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: