Ilustrasi. (Photo by Krists Luhaers on Unsplash)

Belum Sempat Nonton Spider-Man? Ini Tips Menghindari Spoiler

17 December 2021   |   12:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Seperti yang kita tahu, pada pekan perdana penayangan film Marvel Cinematic Universe selalu ada peringatan dini tentang spoiler. Sebab, meskipun ada aturan ketat tentang menjaga konten film hingga post credit tidak tersebar luas, masih ada saja tangan-tangan jahil yang menggunggahnya ke sosial media.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebagai bagian dari promosi film, para pemeran Spider-Man: No Way Home mengimbau penggemar untuk tidak menyebarluaskan plot penting dari film.

Dalam sebuah video Tom Holland, Zendaya, Jacob Batalon, dan Jamie Foxx menawarkan beberapa tips untuk menghindari spoiler, termasuk mematikan kata kunci dan menutup aplikasi media sosial selama sepekan ke depan.

(Baca juga: Spider-Man: No Way Home Dapat Skor Sempurna di Rotten Tomatoes)

Saran tersebut bisa jadi cara terbaik untuk menghindari eksposur terhadap elemen kejutan yang terjadi di Spider-Man: No Way Home sebelum kamu memiliki kesempatan untuk melihatnya sendiri.

Cara yang sama juga berlaku untuk film-film lainnya. Sebagian orang mungkin tidak keberatan dengan spoiler, namun bagi sebagian lainnya hal ini dapat merusak pengalaman menonton film secara keseluruhan.

Berikut ini tips untuk menghindari spoiler dari film yang ingin kamu tonton:


1. Matikan kata kunci


Twitter memiliki fitur built-in yang bisa kalian temukan pada submenu content preferences di bagian pengaturan. Pilih safety kemudian klik muted dan input kategori yang ingin kalian matikan sehingga tweet yang mengandung kata tersebut tidak akan muncul di linimasa.

Kamu bisa menyembunyikan kata dan frasa tertentu bahkan memilih akun yang kalian ikuti dan menyembunyikan semua tweet mereka dari linimasa tanpa harus mengklik unfollow. Kamu juga bisa memutuskan berapa lama kata kunci tersebut disembunyikan.


2. Matikan opsi autoplay


Ada banyak orang iseng di luar sana yang dengan sengaja menggungah video yang sering kali menyimpan spoiler di detik terakhir, kita tidak pernah tahu kapan video itu akan muncul di linimasa. Video tersebut biasanya diawali dengan konten yang biasa-biasa saja seperti trailer film lain misalnya, sedetik kemudian berubah menjadi spoiler film. 

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mematikan fitur autoplay pada berbagai platform media sosial seperti Reddit, Facebook, Twitter, dan Instagram.


3. Gunakan Unspoiler


Unspoiler adalah ekstensi Chrome yang pada dasarnya akan mengunci konten spoiler. Setelah mengunduh ekstensi ini, ketik judul yang ingin kalian inginkan dan fitur ini nantinya akan memblokir konten terkait dengan banner peringatan berwarna merah.

Unspoiler dapat memblokir konten dalam bentuk apa pun, bahkan yang terkait secara tangensial dengan istilah yang kamu input termasuk judul artikel berita.

Dan jika kalian benar-benar ingin menghindari spoiler tanpa perlu repot-repot menyembunyikan konten 'berbahaya' tidak ada salahnya untuk log out sejenak dari media sosial.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Spider-Man: No Way Home Dapat Skor Sempurna di Rotten Tomatoes

BERIKUTNYA

Game RPG Indie Omori Akan Dirilis di Nintendo Switch Tahun Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: