Ilustrasi varian covid-19

Satu dari Tiga Pegawai Wisma Atlet Terinfeksi Covid-19 Varian Omicron

16 December 2021   |   11:45 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype perlu waspada nih. Pemerintah baru saja mengumumkan bahwa ada satu warga negara Indoensa terinfeksi varian Omicron. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Kemenkes pada Rabu (15/12/2021) malam mendeteksi seorang pasien dengan inisial N, terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember. 

“Data sudah dikonfirmasikan ke GISAID dan dikonfirmasi kembali dan memang data ini adalah sequencing Omicron. N adalah pekerja pembersih Wisma Atlet,” ujarnya saat menggelar konferensi pers, Kamis (16/12/2021).

Budi menjelaskan sejatinya ada 3 orang yang dinyatakan positif Covid-19 pada pemeriksaan rutin di Wisma Atlet. Namun yang terkonfirmasi positif Omicorn adalah 1 orang. 

Dia merunut untuk memastikan apakah salah satu pekerja tersebut terinfeksi Omicron, sampel PCR yang diambil pada 8 Desember dikirimkan ke Kemenkes untuk dilakukan pengurutan keseluruhan genom atau Whole Genome Sequencing (WGS) pada 10 Desember. “Tanggal 15 keluar hasil genom sequencing dari 3 orang, 1 Omicorn,” tutur Budi. 

Adapun ketiga orang tersebut, termasuk di dalamnya pekerja yang terinfeksi Omicron, terbilang tanpa gejala. “Masih sehat, tanpa demam, tidak ada batuk. Mereka bertiga sudah dites PCR kembali. Dites 3 hari berikutnya dan tes PCR-nya sudah negatif,” jelas Budi. 

Kendati demikian, ketiganya sedang melakukan karantina di Wisma Atlet. 


Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Begini Prediksi Tren Smart Automation pada 2022 versi Kofax

BERIKUTNYA

Pameran Kendaraan Listrik Periklindo Electric Vehicle Show Digelar 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: