Ilustrasi (Pexels/Startup Stock Photo)

Asah Kemampuan Ini Biar Jiwa Entrepreneur Kalian Muncul

31 May 2021   |   16:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sebagai generasi milenial atau generasi z, kalian pasti tidak asing dengan istilah jiwa atau semangat entrepreneur. Kata ini seringkali digunakan untuk merujuk pada kalian yang memilih jalan untuk mendirikan usaha atau berbisnis.

Banyak pihak menilai memiliki jiwa entrepreneur sangat penting, terlebih dalam kondisi seperti sekarang. Jiwa berwirausaha ini di dalamnya termasuk semangat kebebasan, kreatif, serta peduli dengan orang dan lingkungan sekitar.

Terus gimana dong cara menumbuhkan hal tersebut? GM Human Capital Business Partner Telkomsigma Sony Kisyono mengatakan hal pertama yang harus dilakukan adalah berdamai dan mengenali diri sendiri.

"Maksudnya, kita sebagai manusia harus tahu diri kita seperti apa, plus minusnya, tujuan hidupnya. Ini tolong digali dulu. Dari situ, kita punya modal penting yang banyak orang belum punya," katanya dalam acara virtual Bisnis Muda Day, Senin (31/5).

Setelah mengenali diri sendiri, nantinya kalian akan lebih mudah menyesuaikan berbagai hal. Dalam konteks wirausaha yang memiliki banyak jalur, kalian bakal lebih fokus dan paham termasuk dalam menentukan role model hingga memulai start dari titik mana.

Sony juga menyampaikan konsep 3H dari pembentukan jiwa entrepreneur yakni Heart, Head, dan Hand. Heart, katanya, berarti kita harus memiliki perasaan untuk memberi manfaat kepada orang lain.

Head artinya bahwa sebelum melakukan tindakan diperlukan ilmu pengetahuan dan wawasan. Ini bisa didapatkan dari berbagai sumber misalnya literatur, mentor hingga komunitas.

Adapun, Hand berarti aksi. Dia juga mengatakan dalam melakukan aksi, hendaknya seorang entrepreneur melakukan 3M yaitu mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, dan mulai dari saat ini.

"Masa depan bangsa itu ada di tangan kita sekarang [milenial]. Jadi, mari setiap dari kita memiliki jiwa entrepreneur. Siapa pun kita, di mana pun kita, dan apa pun peran kita," tuturnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Joe Lara, Pemeran Tarzan Meninggal Dalam Kecelakaan Jet Pribadi

BERIKUTNYA

3 Cara Gampang Mempercantik Instagram Jadi Lebih Menarik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: