Ilustrasi touring sepeda motor (dok: Unsplash/Jasper Guy)

Mau Touring? Pahami Dulu 10 Kode Tangan Berikut Ini

10 December 2021   |   11:58 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Touring menjadi salah satu kegiatan yang digemari pengguna motor. Terlebih touring memiliki banyak manfaat, apalagi dalam keseharian kalian termasuk orang yang sibuk dengan aktivitas pekerjaan tentunya dengan touring pikiran akan kembali fresh.

Sebelum melakukan touring kelompok tentunya ada beberapa ketentuan yang harus dijalankan. Biasanya dalam melakukan touring bareng, komunitas selalu menetapkan jumlah peserta, petugas dalam perjalanan dan jalur yang akan dilalui.

Jika itu semua sudah dijalankan tentunya komunikasi dalam perjalanan dimulai dari Road Captain (RC). RC adalah pimpinan dalam perjalanan touring. Sesuai dengan namanya segala tanggung jawab dipikul selama perjalanan touring.

Road captain selalu memposisikan dirinya dibaris paling depan. Dan biasanya komunikasi yang dilakukan bisa menggunakan intercom atau yang kini masih sering diterapkan kode dengan tangan. 

Bagi kalian yang mau touring bareng komunitas, pahami kode tangan buat bekal di jalan agar mengetahui hambatan yang ada didepan. Berikut ini adalah kode yang perlu kalian pahami saat touring menurut Honda Community!


1. Mulai perjalanan


Tangan kiri terbuka dan diayunkan dari belakang ke depan memiliki arti semua peserta touring bergerak mengikuti RC.


2. Kode berhenti


Tangan kiri diangkat ke atas dengan telapak tangan terbuka atau mengepal, itu artinya rombongan akan berhenti di titik aman.


3.Tambah kecepatan

Merentangkan tangan hadap ke atas dan digerakan dari bawah ke atas secara berulang menandakan RC akan menambah kecepatan dan diikuti peserta touring lainnya.

Kode tangan touring berkelompok (dok: Honda Community)

Kode tangan touring berkelompok (dok: Honda Community)


4. Kurangi kecepatan


Kembali merentangkan tangan kiri, namun kali ini menghadap ke bawah dan ayunkan dari atas ke bawah berulang itu menandakan peserta harus mengurangi kecepatan motor.


5. Belok kiri dan kanan


Tangan direnggangkan sejajar dengan bahu, arahkan ke sisi kiri dengan genggaman terbuka. Sedangkan ketika belok kanan tangan kiri membentuk siku ke atas dengan telapak tangan terbuka hadap ke kanan. Kode ini hanya dilakukan ketika lampu sein tidak berfungsi.

(Baca juga: Menyalurkan Hobi dan Berbagi Lewat Touring Harley Davidson)


6. Isi bahan bakar minyak


Telunjuk tangan menunjuk tangki bahan bakar yang memiliki arti rombongan atau salah satu dari peserta akan melakukan pengisian BBM di pom bensin terdekat.


7. Bahaya di jalan


Tangan direntangkan dan tunjuk ke arah bahaya atau kaki kanan direntangkan ke arah bahaya. Sepeda motor di belakang harus mengurangi kecepatan dan waspada bahaya di depannya.


8. Satu baris dan dua Baris


Angkat tangan ke atas telunjuk dibuka mengarah ke atas. Kode ini diterapkan untuk formasi rombongan saat melalui jalan dengan kapasitas 1 baris.

Untuk kode dua baris angkat tangan keatas dan buka jari telunjuk dan tengah sehingga membentuk huruf V, itu artinya rombongan membentuk formasi zigzag saat touring atau saat berhenti di lampu lalu lintas.
 

Kode tangan touring berkelompok (dok: Honda Community)

Kode tangan touring berkelompok (dok: Honda Community)


9. Lampu menyala atau lampu sein menyala


Tangan kiri direntangkan dengan genggaman jari mengepal dan jari-jari digerakkan terbuka secara berulang-ulang bisa menandakan atau mengingatkan lampu depan yang belum menyala atau lampu sein yang masih menyala sehingga mengganggu rekan lainnya.


10. Terima kasih


Tidak terdengar ketika mengucapkan terima kasih, kode tangan kiri yang direntangkan dengan ibu jari terbuka menjadi kode ucapan terima kasih kepada pengguna jalan lain.

Jika kode tangan ini sudah kalian kuasai tentunya kalian tidak akan bingung lagi saat melakukan touring berkelompok. Tetap selalu jaga jarak dan kecepatan saat melakukan touring berkelompok ya.   


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

5 Hal yang Perlu Dicek agar Wiper Bekerja Baik saat Hujan

BERIKUTNYA

Kesetaraan Jadi Tema Peringatan Hari HAM Sedunia 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: