Rombongan HDCI sedang beristirahat dan mampir di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (dok: Pemkot Bukittinggi)

Menyalurkan Hobi dan Berbagi Lewat Touring Harley Davidson

29 November 2021   |   12:13 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Berkendara jarak jauh atau touring ternyata tak bisa dianggap hanya sebagai hobi semata. Lebih dari itu, touring juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk berbagi kepada sesama. Di balik kesamaan kendaraan pun ada banyak kebaikan yang bermanfaat untuk orang-orang.

Salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) lewat kegiatan touring Indonesia Rally 2021. Etape pertama dari touring jelajah Nusantara ini dimulai pada 12 September 2021 lalu di Sulawesi, tepatnya Makassar.

Kemudian dilanjutkan Etape kedua di Kalimantan dan etape ketiga Andalas Sumatera mulai dari Bandar Lampung hingga Medan. Pada November 2021 dilanjutkan dengan Etape keempat lintas Jawa dan Bali, kemudian terakhir adalah etape kelima dari Bali ke Flores.

Indonesia Rally 2021 diikuti oleh kurang lebih 30 sepeda motor dengan 40 peserta. Rombongan tersebut juga didukung oleh tambahan kru pendukung beserta mekanik lengkap dengan mobil storing.

(Baca juga: Siap-Siap Jajal Touring Pakai Mobil Listrik)

Sebagai catatan, Indonesia Rally merupakan kegiatan touring yang diselenggarakan oleh HDCI secara rutin sejak 2015. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya memperkenalkan tujuan dan tempat wisata yang ada di Indonesia, sekaligus ikut serta membantu peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat.

Ketua Umum HDCI Irjen Pol Teddy Minahasa mengatakan bahwa Indonesia Rally digelar tidak sekadar untuk menyalurkan hobi para anggota HDCI mengendarai kendaraan bermotor. Khusus untuk Indonesia Rally 2021, salah satu tujuannya adalah memberikan semangat kebangkitan pascapandemi Covid-19.

"Rally ini bukan sekadar untuk menyalurkan hobi kita mengendarai kendaraan bermotor di jalan dan sebagainya. Tetapi juga kita ingin membawa misi dan pesan-pesan kebangsaan. Bahwa di tengah krisis kesehatan, krisis ekonomi, dan dampak sosial lainnya kita ingin berbagi," ucapnya.

Di setiap etape, rombongan Indonesia Rally 2021 memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebagai contoh, di etape ketiga rombongan tersebut membagikan bantuan sosial berupa beras kepada keluarga miskin di Mukomuko, Bengkulu.

"Tim Indonesia Rally 2021 melakukan kegiatan pembagian tiga ton beras kepada masyarakat sekitar yang terdampak Covid-19," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kapolda Sumatra Barat itu.

Sementara itu, di Sumatra Barat rombongan Indonesia Rally 2021 menggelar vaksinasi di sejumlah tempat dan juga membagikan beras kepada masyarakat.

Vaksinasi pertama dilakukan di Solok dengan jumlah 3.000 dosis serta membagikan 1 ton beras. Kemudian di lokasi kedua di Bukittinggi, HDCI juga menggelar vaksinasi dengan 6.000 dosis serta membagikan 5 ton beras.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Siap-Siap Jajal Touring Pakai Mobil Listrik

BERIKUTNYA

Sudah Ada sejak Abad ke-16, Ini 4 Fakta Restoran All You Can Eat!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: