Ilustrasi wiper mobil (dok: Unsplash/Charles Loyer)

Cara Mudah Merawat Karet Wiper Mobil Agar Tetap Elastis

08 December 2021   |   11:42 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kenyamanan dan keamanan mengemudi mobil salah satu ditentukan oleh kondisi wiper kaca depan yang harus dijaga kualitasnya. Apalagi pada musim hujan seperti saat ini, kondisi wiper yang tidak bagus akan mengganggu jarak pandang terutama pada malam hari.
  
Sayangnya, sebagian pemilik kendaraan kurang memerhatikan komponen yang satu ini. Seringkali karet wiper tidak dirawat sehingga cepat mengeras dan kendur. Penyebabnya pun beragam, bisa karena faktor usia, cuaca atau kelalaian pemiliknya sendiri.

Proses pengerasan wiper kerap terjadi karena saat musim kemarau panjang. Dimana si pengendara sengaja menjemur kendaraan yang berhadapan langsung dengan sinar matahari. Hal ini menyebabkan kaca mobil memanas dan karet wiper mengeras.

Karet wiper yang mengeras dan kendor kerap kali disebabkan oleh jamur serta kerak yang tumbuh subur pada wiper. Mengurangi kerusakannya kalian perlu membersihkan kotoran yang menempel secara menyeluruh.

Baca juga5 Hal yang Perlu Dicek agar Wiper Bekerja Baik saat Hujan

Karet wiper yang rusak ditandai dengan warnanya lebih usang dan sedikit mengkilap. Selain itu saat ditekan terasa keras atau kendor. Jika kondisi karet wiper kalian seperti ini, sebaiknya perlu diganti dengan yang baru. 

Namun jika dalam kondisi mendesak, ada beberapa cara mengembalikan elastisitas karet wiper yang bisa Anda coba. Meski tidak bersifat permanen, setidaknya tips ini dapat membantu memberikan jawaban permasalahan Anda. 

Bahan yang digunakan untuk mengembalikan elastisitas karet wiper adalah minyak. Minyak memang dapat melunakkan karet yang mulai mengeras. Tapi, sifatnya hanya sementara. Karena, hingga saat ini belum ada cairan yang dapat mengembalikan elastisitas karet yang sudah kaku.

Disarankan apabila karet wiper sudah mengeras dan berusia tiga tahun atau lebih, sebaiknya perlu diremejakan dengan karet wiper yang baru. 

Karena karet wiper yang dibiarkan mengeras akan berisiko menggores kaca pada mobil kalian dan menimbulkan suara berderit yang mengganggu. Tentunya hal ini sangat tidak nyaman, bukan?

Karet pembersih kaca depan dan belakang, atau biasa disebut wiper merupakan komponen vital saat berkendara di tengah guyuran hujan. Menjaga kelenturan dan elastisitas karet wiper sangat penting agar kinerjanya maksimal. 

Namun, jika terlanjut keras dan getas, berikut beberapa cara merawat karetwiper mobil dan mengembalikan elastisitas karet wiper dengan hasil non permanen. Berikut ulasannya dari Daihatsu Indonesia;
 

1. Gunakan minyak zaitun dan minyak bayi

Untuk menjaga kelenturannya, ada beberapa pemilik mobil yang mengoleskan karet dengan minyak bayi atau minyak zaitun. Minyak ini memang bisa melunakkan karet yang mulai mengeras. Tapi, sifatnya hanya sementara. 

Karena, hingga saat ini belum ada cairan yang dapat mengembalikan elastisitas karet yang sudah kaku. Apabila wiper kotor, sebelum mengoles minyak maka bersihkan terlebih dahulu. Kalian bisa mengelapnya dengan air hangat perlahan-lahan lalu keringkan dengan kain/lap.
 

2. Gunakan air cuka

Cuka putih ternyata bisa kita manfaatkan untuk melembutkan wiper yang kaku. Namun, cuka yang digunakan adalah cuka asli tanpa campuran air seperti yang kalian temui di warung soto atau bakso. Caranya pun terbilang mudah dan sederhana. 

Pertama rendam wiper dengan air cuka, lalu tunggu beberapa saat agar bereaksi. Selanjutnya gosok perlahan dengan spons pencuci piring. Lakukan gerakan searah secara berulang-ulang. Jika masih saja keras, maka merendam kembali dalam waktu yang lebih lama. Ulangi sampai karet wiper melembut dan lebih elastis. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

BTS & Aespa Masuk Daftar Lagu Terbaik versi NME Inggris

BERIKUTNYA

5 Tips Mencegah Mual dan Mabuk saat Berkendara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: