Ponsel Nokia (Pexels/Stas Knop)

Masih Eksis, Nokia Jual Lebih Dari 55 Juta Ponsel Sepanjang 2020

08 June 2021   |   17:33 WIB

Like
Genhype tahu kan merek ponsel Nokia? Pada 2000-an Nokia merupakan penguasa pasar ponsel yang mengglobal, sebelum akhirnya surut digantikan oleh Blackberry dan era ponsel pintar berbasis Android.

Selama bertahun-tahun, Nokia terus berupaya melakukan berbagai inovasi untuk tetap eksis di industri ponsel dunia. Kendati bukan salah satu merk terpopuler atau teratas saat ini, laporan terbaru dari HMB Global menunjukkan kinerja yang cukup baik loh.

Berdasarkan laporan keuangan terbaru dari HMD Global 2020, penjualan bersih perusahaan memang turun sekitar 30% pada tahun lalu. Akan tetapi kerugian operasional tahun tersebut juga tidak separah tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, berdasarkan laporan dari Nokia Power User, CEO HMD Global menyatakan bahwa bisnis Nokia telah menguntungkan sejak Juni atau pertengahan tahun lalu. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh martgin yang tinggi di ponsel berfitur 4G mereka.

Selain itu, menurut data dari firma riset Counterpoint Research, pengapalan smartphone Nokia juga mengalami peningkatan pada kuartal terakhir tahun lalu sebesar 35% dibandingkan kuartal ketiga. Adapun, HMD Global mengatakan sepanjang 2020, Nokia telah mengirimkan total 55 juta ponsel ke seluruh dunia.

Strategi Smartphone Baru Nokia

Belum lama ini, perusahaan secara resmi mengumumkan bahwa smartphone Nokia akan mengadopsi metode penamaan baru, yang akan memiliki bentuk kombinasi huruf dua digit untuk menyampaikan posisi dan makna produk dengan lebih jelas. Secara resmi Nokia akan punya tiga seri smartphone yaitu X, G, dan C.

Nokia seri X akan menggunakan teknologi terbaru dan memberikan pengalaman yang diklaim luar biasa. Selain itu, ponsel dari lini ini akan hadir dengan prosesor Qualcomm terbaru, lensa optik Ziess, desain yang menarik, dan banyak fitur lain.

Nokia seri G akan mempopulerkan teknologi kelas atas. Dengan demikian, ponsel seri ini akan memiliki konfigurasi yang seimbang antara baterai besar dan sensor kamera berpiksel tinggi.

Terakhir, Nokia ser C akan menawarkan model smartphone untuk kelas menengah ke bawah atau entry level. Perangkat di seri ini akan berjalan di Android murni dengan biaya yang cukup terjangkau untuk banyak orang.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

BuzzFeed Unsolved Siapkan Dua Musim Pemungkas

BERIKUTNYA

Dinanti-nanti, Tiket Coachella 2022 Habis Terjual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: