Nusa Penida (dok. Pexels)

12 Destinasi Wisata di Dalam & Luar Negeri Ini Cocok Buat Liburan Akhir Tahun

09 December 2021   |   10:42 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Seakan sudah menjadi rutinitas, bila tiba akhir tahun maka waktunya untuk berlibur. Beruntungnya meski dunia masih dilanda pandemi Covid-19, tetapi beberapa destinasi wisata, baik di dalam maupun luar negeri sudah dibuka. Namun, jangan lupa, protokol kesehatan tetap harus diperhatikan saat kita bepergian. 

Bila kalian masih bingung menentukan destinasi wisata untuk disambangi. Kami sudah himpun informasinya untuk kalian. Mengutip Tiket.com, berikut ini referensi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di momen libur akhir tahun :
 

Palembang

Kota Palembang, Sumatra Selatan, terkenal dengan ragam destinasi wisatanya. Mulai dari Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Pagoda sembilan lantai, hingga Klenteng Hok Tjing Rio. Satu yang enggak boleh terlewat, pempek Palembang yang rasanya maknyos dan terkenal seantero negeri.
 

Yogyakarta

Kota yang selalu membuat kita rindu ini menjadi destinasi wisata favorit karena ramah kantong, serta alamnya yang mempesona. Kamu bisa mengunjungi Taman Sari Yogyakarta, Pantai Kukup, Kaliadem, Bukit Kali Kuning, Museum Ullen Sentalu, Taman Pelangi, Upside Down World, hingga Hutan Mangrove Kulon Progo. 
 

Medan

Medan merupakan pusat pemerintahan provinsi Sumatra Utara. Sebagian besar wilayah Kota Medan merupakan dataran rendah yang merupakan tempat pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Babura dan Sungai Deli. 

Masyarakat yang baru pertama kali ke Medan disarankan untuk menjelajahi Istana Maimun, Tjong A Fie Mansion, Merdeka Walk, Gedung London Sumatra, Masjid Raya Al-mashun, Vihara Gunung Timur, serta Kuil Shri Mariamman. Kamu juga bisa mencicipi kuliner khas, seperti Soto Medan, Bolu, hingga durian.
 

Surabaya

Buat kamu yang baru menginjakkan kaki ke Surabata, jangan lupa untuk menjelajahi Kampung Arab, Kelenteng Sanggar Agung, Tugu Pahlawan, Museum 10 November, Patung Suro dan Boyo, Food Junction Grand Pakuwon, Kebun Binatang Surabaya, Hotel Majapahit, hingga Ekowisata Mangrove.
 

Makassar

Beralih ke Kota Daeng, kota terbesar di Indonesia bagian timur. Makassar menawarkan berbagai tempat wisata alam, budaya, hingga yang kekinian. Untuk memanjakan indera penglihatan, kunjungi Masjid 99 Kubah di tepian Pantai Losari, Air Terjun Leang Paniki, Pantai Kanipang, Air Terjun Tamalulua, Apparalang, Batu Lappa, dan Helena Sky Bridge Bantimurung.
 

Bali

Pulau Dewata ini selalu menjadi top of mind bagi turis, baik mancanegara maupun domestik. Kuta memang menjadi ciri khas, namun coba melipir ke Pantai Atuh, Nusa Penida dan Pantai Nyang Nyang. Buat yang ingin menikmati asrinya suasana pedesaan, kamu bisa mengunjungi Ubud. 
 

Singapura

Dengan berlakunya Vaccinated Travel Lane (VTL) di Singapura, maka warga Indonesia dapat kembali berkunjung ke Singapura. Negeri Merlion merupakan destinasi internasional yang tepat dikunjungi karena berjarak sangat dekat dari Indonesia. Kamu bisa bertandang ke Masjid Sultan, Gardens by the Bay, Merlion Park, Orchard Road, Esplanade, serta Clarke Quay.
 

Bangkok

Royal Grand Palace, Wat Phra Kaew, Wat Pho, Damnoen Saduak Floating Market, sungai Chao Phraya, Taman Lumpini, Bangkok Art & Culture Center, Museum of Counterfeit Goods, hingga Sea Life Bangkok Ocean World wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Bangkok.
 

Turki

Mau liburan ala sultan? Coba deh ke Turki. Untuk rute berdurasi panjang (long haul), harga tiket pesawat ke Turki tergolong terjangkau. Tidak hanya itu saja, harga penginapannya pun beragam dan dapat disesuaikan dengan budget turis yang hendak pergi. 

Daya tarik Turki terletak di panorama alam dan kekayaan budaya yang menakjubkan, mulai dari Blue Mosque, Galata Bridge, Cappadocia, Konya, Topkapi Palace, Istiklal Street, Pamukkale, hingga Bursa.
 

Dubai

Destinasi liburan ala sultan lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Dubai. Beberapa tempat yang tidak boleh terlewat saat ke Dubai diantaranya Bhurj Khalifa, Palm Jumeirah, Jumeirah Beach, Bastakia Quarter, Big Red, Dubai Miracle Garden, dan Dubai Aquarium.
 

Los Angeles

Amerika Serikat pun sudah menyambut turis internasional sejak tahun 2021. Bagi warga Indonesia pemegang visa turis ke Amerika Serikat, kamu bisa mengunjungi Hollywood (Grauman’s Chinese Theatre, Hollywood Walk Of Fame, Kodak Theatre, dan Starline Tour), kemudian Universal Studios Hollywood, Griffith Park, Venice Beach, serta berbelanja ke Rodeo Drive.
 

London

Bagi warga Indonesia yang memiliki visa UK aktif, rencanakan perjalanan liburan wisata ke London. Dengan nuansa old city yang kental, berjalan kaki di London pun terasa seperti berada di era dan waktu yang berbeda. 

Big Ben dari South Bank, jalan jalan santai di pinggir sungai Thames, nikmati ketenangan banyak taman cantik, kemudian juga saksikan momen The Changing of the Guards di sela-sela kunjungan ke berbagai museum historik.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

4 Tips Perawatan Wajah untuk Kulit Kering & Kurang Hidrasi

BERIKUTNYA

Kenalan Yuk dengan 4 Karakter Utama Serial Web Write Me A Love Song

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: