Lavender Essential Oil (dok. Bonnels)

Manfaat Aroma Minyak Esensial untuk Kesehatan

08 December 2021   |   19:49 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Minyak esensial makin jadi tren sejak pandemi. Sebab, minyak esensial ini disinyalir bisa meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan. Apalagi aroma yang dikeluarkan minyak esensial ini memberi efek psikologis untuk orang yang menghirupnya, mulai dari meredakan gejala penyakit hingga memberikan efek relaksasi.

Nah, efek dan manfaat ini membuat minyak esensial mulai digandrungi kaum ibu. Namun, masih banyak juga loh yang belum tahu minyak esensial apa yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan pemulihan stamina, apalagi untuk penyintas covid-19.

Bonnels, brand lokal yang menghadirkan lini produk minyak esensial, memberikan beberapa manfaat serta pilihan minyak esensial yang bisa kalian coba saat melakukan isoman yang bermanfaatkan dalam pemulihan stamina, sebagai berikut: 


1. Eucalyptus Oil


Eucalyptus Oil memiliki potensi antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, antiinflamasi, dan dekongestan, yang dapat membantu meredakan masalah pernapasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga sinusitis. 

Menurut jurnal penelitian dari Rini Pujiarti, Ph.D. Peneliti UGM, bahan aktif dalam eucalyptus yang berpotensi sebagai anti-covid-19 adalah 1,8-cineole atau eucalyptol. Ini merupakan komponen kimia utama minyak atsiri kayu putih yang memiliki bio-aktivitas sebagai antivirus.
 

2. Peppermint Oil


Peppermint Oil juga memiliki manfaat yang dapat membantu melegakan pernapasan karena menthol dalam peppermint bertindak sebagai ekspektoran yang dapat mengeluarkan lendir dan mengurangi sumbatan.

Selain itu peppermint oil dapat membantu meredakan gangguan pencernaan, meredakan flu dan pilek serta sakit kepala dan migrain. 

(Baca juga: Genhype, Perhatikan 4 Hal Ini Ketika Membeli Essential Oil)


3. Lemon Oil


Lemon Oil memiliki berbagai macam manfaat diantaranya adalah membantu meredakan sakit tenggorokan, pilek, menenangkan pikiran dan mengobati rasa nyeri. Lemon oil juga diketahui dapat mendukung drainase limfatik dan membantu Anda mengatasi demam dengan cepat.

Selain mengandung antimikroba dan antioksidan, lemon oil juga bersifat anti radang yang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pernapasan dan meningkatkan kekebalan tubuh.
 

4. Lavender Oil


Lavender oil diketahui mengandung antiinflamasi, antijamur, antidepresan, antiseptik, dan antibakteri yang dapat membantu proses penyembuhan luka, mengurangi rasa nyeri pasca-tonsilektomi pada anak, membantu memberikan efek rileks, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi rasa cemas dan stress, serta membantu mengurangi rasa nyeri saat haid.

Lavender oil juga dapat membantu menenangkan pikiran dan tidur lebih nyenyak sehingga badan lebih rileks dan fit.


Walaupun masing-masing memiliki khasiat tersendiri, dalam penggunaannya, minyak esensial ini ternyata dapat digabungkan. Bahkan beberapa bisa memberikan manfaat dan khasiat yang lebih kepada penggunanya. Genhype cukup mencampurkan dua atau tiga minyak esensial ini sesuai kebutuhan kesehatan dan keluarga.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Metode Pengobatan Kanker Ini Minim Efek Samping

BERIKUTNYA

Warga Bekasi Positif Omicron? Ini Kata Kemenkes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: