Ilustrasi (Dok. Draxe/Unsplash)

Tak Hanya Cantik, 7 Bunga Ini Juga Bisa Dimakan Lho

09 September 2021   |   11:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, bunga tentu sangat identik sebagai tanaman yang sering dijadikan sebagai hiasan atau hadiah kepada orang tersayang. Meskipun memiliki bentuk indah dan aroma yang harum, ternyata ada beberapa jenis bunga yang juga bisa dijadikan sebagai makanan yang dikenal sebagai edible flowers.

Masyarakat Indonesia di beberapa daerah sebenarnya telah terbiasa mengonsumsi bunga. Misalnya, masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur kerap memasukkan bunga turi sebagai salah satu bahan untuk hidangan pecel, begitu pun masyarakat di daerah lain yang juga terbiasa mengonsumsi jantung pisang (bunga pisang) dan bunga pepaya untuk berbagai sajian.

Namun, selain bunga-bunga yang umum dikonsumsi tersebut, ada juga beberapa bunga indah yang bisa menjadi hiasan pada makanan sekaligus juga bisa dikonsumsi lho Genhype. Simak yuk.


1. Mawar
Mawar merupakan salah satu bunga yang paling populer yang bisa dikonsumsi. Biasanya mawar digunakan dalam membuat selai, jelly, cake, atau sirup dan teh. Mahkota dari bunga mawar juga bisa dimakan langsung, mencampurkannya ke dalam hidangan salad buah atau sayur, diminum air rebusannya, atau mencampurkannya ke dalam minuman sehat. Berbagai studi menyebutkan bahwa mengonsumsi bunga mawar memiliki efek positif untuk psikologis, seperti mengurangi rasa cemas dan meningkatkan relaksasi.

2. Kembang sepatu
Bunga dengan  nama Latin Hibiscus sp ini biasa dikonsumsi dengan cara dikeringkan terlebih dahulu bunganya kemudian diseduh menjadi teh atau minuman lain. Kelopak bunga kembang sepatu yang masih segar juga bisa dijadikan manisan atau ditambahkan ke hidangan salad. Sebuah penelitian dari National Center for Biotechnology Information menyebutkan anthocyanin dan antioksidan yang terkandung dalam bunga yang memiliki rasa asam dan manis ini mampu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol.
 

Ilustrasi (Dok. solod_sha/Pexels)

Ilustrasi (Dok. solod_sha/Pexels)


3. Lavender
Tidak hanya harum, bunga lavender juga bisa dikonsumsi secara langsung atau mencampurkannya ke makanan yang dipanggang, air rebusan herbal atau infused water. Lavender paling cocok jika dipadukan dengan bahan makanan yang manis dan gurih, termasuk jeruk, beri-berian, rosemary dan coklat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aroma lavender baik untuk kesehatan psikologis, sehingga minyak lavender pun menjadi salah satu minyak aromaterapi yang terkenal.



 
1
2


SEBELUMNYA

5 Alasan Pentingnya Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis

BERIKUTNYA

Begini Rekomendasi Pakar Soal Aplikasi PeduliLindungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: