Steven Spielberg sutradarai remake dari film West Side Story yang dirilis 1961 dan diadaptasi dari musikal berjudul sama. (Dok. 20th Century Studios)

Film Steven Spielberg West Side Story Diblokir di Timur Tengah

07 December 2021   |   17:52 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Film yang merupakan proyek remake sutradara Steven Spielberg, West Side Story, tidak akan ditayangkan di Arab Saudi, Kuwait, Bahrain, Oman, dan Uni Emirat Arab. Film musikal dengan bujet US$100 juta dan digadang-gadang untuk Oscar ini dilarang tayang karena menunjukkan karakter transgender.

Dilansir Hollywood Reporter, film tersebut tidak mendapatkan sertifikat tayang baik di Arab Saudi, Kuwait, maupun negara Timur Tengah lainnya. Permintaan pemotongan sejumlah adegan dikabarkan ditolak oleh Disney, perusahaan induk 20th Century Studios.

Dalam film original yang diluncurkan pada 1961 silam, karakter transgender, Anybodys, yang diperankan oleh Iris Menas, tidak memiliki identitas gender yang jelas. Namun pada film remake ini, dia memiliki screen time yang cukup banyak dan secara eksplisit dideskripsikan sebagai transgender.

"Anybodys adalah karakter laki-laku yang lahir dalam tubuh perempuan. End of story," ujar Direktur Artistik West Side Story David Saint.

Situasi ini mengingatkan kita dengan film Eternals yang menampilkan adegan ciuman pasangan sesama jenis. Akibatnya, Arab Saudi dan sejumlah negara Timur Tengah mengajukan sensor kepada pihak Disney, yang ditolak dan berakhir film tersebut tidak mendapatkan izin distribusi.
 

Di Uni Emirat Arab, Eternals tayang dengan versi tanpa adegan intim, pasangan heteroseksual maupun homoseksual, mengacu pada budaya di industri hiburan negara tersebut.

Menurut laporan tahunan terbaru Glaad tentang representasi LGBTQ+ di film, tidak ada karakter trans atau non-biner dalam film selama empat tahun berturut-turut.

Perlu diketahui, homoseksualitas dan transgender masih ilegal atau dipandang sebagai bentuk penyimpangan moral di sebagian besar wilayah Timur Tengah yang memiliki risiko hukuman mati.

West Side Story mulai tayang Jumat (10/12), di dalam Amerika Serikat dan telah menerima ulasan yang kuat dengan skor 95% di Rotten Tomatoes. 

Pemeran utama Rachel Zegler dinobatkan sebagai Aktris Terbaik oleh National Board of Review, dan New York Film Critics Circle memberi film tersebut nominasi untuk Sinematografi Terbaik.

Di film ini, Zegler dan Ansel Elgort berperan sebagai Maria dan Tony, sepasang kekasih muda yang berusaha mengatasi perbedaan etnis dan lingkungan yang mengancam untuk memisahkan mereka.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pengelola Hotel Tunggu Kepastian soal Kebijakan PPKM Akhir Tahun

BERIKUTNYA

HYBE Labels Akan Adakan Konser Gabungan Akhir Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: