Pasangan suami istri Violetta Affandi dan Fejri Muzakky, Pemilik Usaha VONA (dok. VONA/Lazada)

Vona, Karya Couplepreneur yang Sukses Kembangkan Brand Hingga Mancanegara

28 May 2021   |   20:02 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Siapa bilang brand lokal tidak mampu bersaing dengan brand internasional? Hal ini dibuktikan oleh pasangan suami istri Violetta Affandi dan Fejri Muzakky melalui VONA, sebuah usaha produk berbahan dasar kulit untuk pria dan wanita seperti tas, sepatu, dan dompet yang kini telah berhasil menembus pasar dan masuk kanal LazMall di Lazada. 
 
Vona Bag (dok. VONA)

Bermula dari keinginan pasangan ini untuk memulai hal baru, VONA kini telah memiliki konsumen yang tersebar tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di mancanegara.
Lantas seperti apa perjalanannya dalam membangun brand lokal ini? Simak ceritanya!

Menjadi entrepreneur adalah keinginan yang telah dipendam oleh Violeta dan Fejri sejak lama. Melihat banyaknya perajin yang kehilangan pekerjaan sejak tragedi Bom Bali, Violetta dan Fejri tergerak untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai karyawan, pindah ke Bali dan memulai perjalanan membangun usaha yang dapat memberdayakan pengrajin di komunitas sekitar.

Dimulai dari mempelajari teknis desain secara otodidak, serta mempelajari tipe tas, teknik menjahit, dan material yang bagus, Violetta dan suami akhirnya melahirkan VONA dengan bantuan para pengrajin di Bali pada tahun 2013. 
 
Staf VONA

VONA menjual berbagai produk berbahan dasar kulit seperti tas, sepatu, dan dompet untuk pria dan wanita berkualitas premium. 

Nama VONA sendiri diambil dari kata VON dari Bahasa Islandia yang memiliki arti ‘harapan’ untuk menggambarkan keinginan menggapai sukses di masa depan. Meski usahanya terbilang baru, respons positif tidak hanya datang dari konsumen lokal, tetapi juga konsumen mancanegara.

Terbukti, produk-produk VONA banyak dikirim ke luar negeri, dengan konsumen diantaranya dari Jerman, Yunani, Singapura, dan Australia.

Kini VONA bisa mempekerjakan 30 karyawan untuk membantu produksi dan bergabung dengan Lazada untuk memperluas jangkauan konsumennya.

Fejri Muzakky, Pendiri VONA mengatakan saat mengembangkan usaha dirinya telah melalui proses trial and error untuk memahami keinginan pasar hingga mampu menghadirkan produk yang dibutuhkan konsumen.

"Saat ini VONA mampu mencapai rata-rata 200-300 penjualan per hari di Lazada, dan bahkan bisa mencapai ribuan penjualan di saat ada promo," ujarnya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Kangen Makanan Thailand? Ada yang Baru Nih dari YumYum

BERIKUTNYA

Bermain Ternyata Banyak Manfaatnya Bagi Perkembangan Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: