ilustrasi (sumber : Ron Lach/pexels)

Rahasia Sukses Berbisnis Online Bersama Pasangan

09 October 2024   |   17:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Pertumbuhan e-commerce yang terus melesat membawa angin segar bagi pelaku UMKM di Indonesia, tak terkecuali di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan data BPS 2024, Jawa Timur menyumbang 25% perekonomian Pulau Jawa, menjadikannya salah satu pusat ekonomi terbesar setelah Jakarta.

Salah satu pelaku UMKM yang sukses mengembangkan bisnisnya adalah Topcarindo, merek sarung mobil asal Sidoarjo, Jawa Timu yang dirintis oleh pasangan Bagus Abdillah dan Yuni Retnowati. Melalui perjalanan bisnis mereka di platform online, Bagus dan Yuni sukses mengembankan bisnis dan mengatasi berbagai tantangan.

Baca juga: Hypereport: Tangan Dingin Couplepreneur Membangun Ladang Cuan

Lantas, apa saja tips yang dilakukan oleh pasangan Bagus dan Yuni sehingga bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi couplepreneur lainnya.


1. Komitmen untuk Terus Belajar

Bagus dan Yuni memulai perjalanan bisnis mereka di platform e-commerce pada 2019, ketika mereka memutuskan untuk mengembangkan bisnis sarung mobil secara online. Meski memiliki latar belakang di dunia konveksi, tantangan di dunia online tetap terasa berat.

Namun, semangat belajar yang tak pernah surut membawa mereka bergabung dalam komunitas yang disediakan oleh e-commerce bagi para penjual yang ingin mempelajari berbagai strategi penjualan. Melalui komunitas ini, mereka dapat berbagi pengalaman, belajar tentang strategi penjualan, dan mengembangkan jejaring yang kuat dengan penjual lainnya.

“Kami bergabung dengan komunitas untuk belajar dari sesama penjual. Di sana, kami mendapatkan banyak wawasan cara mengoptimalkan penjualan di platform mulai dari strategi marketing, optimasi toko, hingga memanfaatkan fitur-fitur seperti voucher dan kampanye,” ujar Bagus.


2. Kekompakan dalam Inovasi

Inovasi menjadi kunci sukses bagi Topcarindo. Dengan latar belakang di industri konveksi, mereka tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga menciptakan produk yang unik dan berkualitas. Salah satu produk andalan mereka adalah sarung mobil transparan yang menjadi solusi praktis bagi pelanggan.

Menurut Bagus, bekerja sama dengan pasangan membutuhkan kekompakan dalam hal inovasi dan ide karena itulah mereka berdua saling melengkapi dalam menjalankan bisnis, Bagus dengan keahlian produksinya dan Yuni dengan keterampilan manajemennya. Kombinasi ini membantu mereka menciptakan produk yang terus menarik minat pasar.


3. Manfaatkan Teknologi untuk Promosi

Bagus dan Yuni tidak pernah melewatkan kesempatan untuk ikut serta dalam kampanye promosi, terutama kampanye tanggal kembar. Mereka juga aktif memanfaatkan fitur promosi seperti voucher, Combo Flexi, dan gratis ongkir untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Pasangan ini juga selalu mengalokasikan anggaran khusus untuk promosi, sehingga dapat meningkatkan visibilitas produk mereka. Strategi ini terbukti efektif dalam mendorong penjualan mereka hingga ribuan produk setiap bulan.


4. Saling Mendukung di Saat Sulit

Setiap perjalanan bisnis pasti menghadapi tantangan, termasuk dalam hal permodalan dan adaptasi dengan platform online. Namun, kekompakan Bagus dan Yuni dalam menghadapi masalah menjadi kunci kesuksesan mereka. Saling mendukung, baik dalam ide, strategi, maupun emosional, sangat penting untuk menjaga harmonisasi bisnis dan hubungan.

“Kunci utamanya terletak pada semangat untuk terus belajar, saling mendukung, dan memanfaatkan setiap peluang yang ada,” ujar Yuni.

Bagi Genhype yang ingin mengikuti jejak mereka, mulailah dengan menemukan passion yang sama dan bangun bisnis bersama dengan strategi yang tepat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Tayang Besok, Simak Proses Produksi Film Horor Kemah Terlarang Kesurupan Massal

BERIKUTNYA

Mengenang Masa Keemasan, Lintas Melawai 2024 Siap Hadirkan Nuansa 80-an

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: