Belanja Online Sambil Hiburan Jadi Tren Baru di E-commerce
01 October 2021 |
16:06 WIB
1
Like
Like
Like
Berbelanja di e-commerce saat ini bukan hanya sekadar memasukkan barang ke keranjang, membayarnya dan barang dikirim ke alamat rumah kita. Ada satu konsep yang saat ini sedang berkembang di e-commerce yakni shoppertainment yang mengintegrasikan pengalaman berbelanja dengan berbagai interaksi dari live streaming, gamification serta berbagai hiburan.
Istilah shoppertainment ini pertama kali dipelopori oleh Lazada. Nyatanya, shoppertainment tidak hanya memperkaya pengalaman konsumen tetapi di saat yang sama, seluruh fitur ini juga membantu mendorong bisnis untuk tumbuh dalam konsep yang unik dan berbeda.
Pasalnya saat proses live streaming yang merupakan inti dari shoppertainment di Lazada, konsumen dapat membeli berbagai item yang dia lihat, dalam fitur closed-loop "See Now Buy Now” (Lihat Sekarang Beli Sekarang). Ini tentu saja menjadi saluran penjualan yang efektif, baik untuk bisnis maupun seller.
Partogi Baringbing, Livestreaming Lead, Lazada Indonesia mengatakan agar shoppertainment saat livestreaming benar-benar berdampak pada penjualan para seller, maka tim tidak hanya sekadar membuat program tetapi mengangkat tren yang ada sebagai salah satu tema atau topik bahasan dalam konten livestreaming LazLive.
“Pada dasarnya, saya dan tim sudah terbiasa untuk memikirkan, menyiapkan dan memproduksi konten secara sigap, cepat, namun harus tetap relevan dengan tren yang sedang diminati masyarakat saat ini,” kata Partogi Baringbing.
LazLive sendiri kaya akan konten variatif, kreatif, dan bernilai. Beberapa diantaranya adalah “Generasi Cuan”, hadir untuk mengedukasi generasi muda untuk dapat menabung berinvestasi. “Curhat with Nona Feli” yang dirancang seperi layaknya talk show dengan topik hangat dan relevan. Lalu ada program “Jalan-Jalan Jelajah” dengan host dari seluruh dunia guna mengajak para penonton LazLive untuk jalan-jalan virtual.
Pria yang akrab disapa Ogi ini mengatakan shoppertainment sebagai terobosan baru yang berkontribusi nyata bagi perkembangan e-commerce untuk membuka cakrawala baru berjualan secara kreatif dengan mengoptimalkan kanal digital yang inovatif dan berdampak signifikan.
“Menurut saya shoppertainment menjadi solusi baru yang makin mendorong kejayaan e-commerce ke depannya. Lazada memiliki andil sebagai pelopor konsep shoppertainment di kawasan Asia Tenggara dengan peluncuran fitur live streaming dalam aplikasi pada November 2018,” ungkapnya.
Live streaming yang merupakan bagian dari shoppertainment juga telah menjadi game changer di industri e-commerce dan diperkirakan akan terus berkembang. Menurutnya, live streaming membantu mendigitalisasi bisnis, serta menciptakan lapangan pekerjaan dan mendukung komunitas.
Selain itu juga dapat membuat para brand dan sellers bersama konsumen dapat tetap terhubung dimanapun berada. “Konsep ini tidak hanya memberikan pengalaman yang unik kepada para penjual dan pembeli di Lazada,tetapi sekaligus menjadi upaya membantu para brand dan penjual bisa bertahan dan tetap produktif di tengah pandemi,” ucapnya.
Strategi shoppertainment Lazada meningkatkan keseluruhan pengalaman belanja online bagi konsumen, serta menciptakan peluang baru bagi penjual dan merek untuk berinovasi dan berkreasi karena dapat berinteraksi dengan pembeli dan memperkenalkan produk mereka.
Teknologi shoppertainment Lazada memungkinkan konsumen melakukan lebih dari sekadar berbelanja di platform, tetapi juga menikmati beberapa bentuk hiburan dengan mudah dan nyaman di platform, di mana pun mereka berada.
“Dengan teknologi canggih yang dimiliki Alibaba, kami menghadirkan pengalaman live stream berkelas dunia, dan berfokus pada konten berkualitas terbaik, serta pengalaman berbelanja yang unik, yang terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna,” ujarnya.
Editor: Fajar Sidik
Istilah shoppertainment ini pertama kali dipelopori oleh Lazada. Nyatanya, shoppertainment tidak hanya memperkaya pengalaman konsumen tetapi di saat yang sama, seluruh fitur ini juga membantu mendorong bisnis untuk tumbuh dalam konsep yang unik dan berbeda.
Pasalnya saat proses live streaming yang merupakan inti dari shoppertainment di Lazada, konsumen dapat membeli berbagai item yang dia lihat, dalam fitur closed-loop "See Now Buy Now” (Lihat Sekarang Beli Sekarang). Ini tentu saja menjadi saluran penjualan yang efektif, baik untuk bisnis maupun seller.
Partogi Baringbing, Livestreaming Lead, Lazada Indonesia mengatakan agar shoppertainment saat livestreaming benar-benar berdampak pada penjualan para seller, maka tim tidak hanya sekadar membuat program tetapi mengangkat tren yang ada sebagai salah satu tema atau topik bahasan dalam konten livestreaming LazLive.
Partogi Baringbing, Livestreaming Lead, Lazada Indonesia (dok. Lazada)
LazLive sendiri kaya akan konten variatif, kreatif, dan bernilai. Beberapa diantaranya adalah “Generasi Cuan”, hadir untuk mengedukasi generasi muda untuk dapat menabung berinvestasi. “Curhat with Nona Feli” yang dirancang seperi layaknya talk show dengan topik hangat dan relevan. Lalu ada program “Jalan-Jalan Jelajah” dengan host dari seluruh dunia guna mengajak para penonton LazLive untuk jalan-jalan virtual.
Pria yang akrab disapa Ogi ini mengatakan shoppertainment sebagai terobosan baru yang berkontribusi nyata bagi perkembangan e-commerce untuk membuka cakrawala baru berjualan secara kreatif dengan mengoptimalkan kanal digital yang inovatif dan berdampak signifikan.
“Menurut saya shoppertainment menjadi solusi baru yang makin mendorong kejayaan e-commerce ke depannya. Lazada memiliki andil sebagai pelopor konsep shoppertainment di kawasan Asia Tenggara dengan peluncuran fitur live streaming dalam aplikasi pada November 2018,” ungkapnya.
Live streaming yang merupakan bagian dari shoppertainment juga telah menjadi game changer di industri e-commerce dan diperkirakan akan terus berkembang. Menurutnya, live streaming membantu mendigitalisasi bisnis, serta menciptakan lapangan pekerjaan dan mendukung komunitas.
Selain itu juga dapat membuat para brand dan sellers bersama konsumen dapat tetap terhubung dimanapun berada. “Konsep ini tidak hanya memberikan pengalaman yang unik kepada para penjual dan pembeli di Lazada,tetapi sekaligus menjadi upaya membantu para brand dan penjual bisa bertahan dan tetap produktif di tengah pandemi,” ucapnya.
Strategi shoppertainment Lazada meningkatkan keseluruhan pengalaman belanja online bagi konsumen, serta menciptakan peluang baru bagi penjual dan merek untuk berinovasi dan berkreasi karena dapat berinteraksi dengan pembeli dan memperkenalkan produk mereka.
Teknologi shoppertainment Lazada memungkinkan konsumen melakukan lebih dari sekadar berbelanja di platform, tetapi juga menikmati beberapa bentuk hiburan dengan mudah dan nyaman di platform, di mana pun mereka berada.
“Dengan teknologi canggih yang dimiliki Alibaba, kami menghadirkan pengalaman live stream berkelas dunia, dan berfokus pada konten berkualitas terbaik, serta pengalaman berbelanja yang unik, yang terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna,” ujarnya.
Editor: Fajar Sidik
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.