Ilustrasi ibu hamil mengemudi (dok: Daihatsu Indonesia)

6 Tips Menyetir untuk Ibu Hamil

05 December 2021   |   09:13 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat moms yang lagi hamil dan harus menyetir mobil sendiri setiap hari, sebaiknya bunda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik ya. Hal ini tentunya tak terlepas dari kondisi ibu hamil yang harus lebih memerhatikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara sehingga dapat menjaga keselamatan.

Ibu hamil dapat berkendara sepanjang merasa nyaman dan leluasa bergerak saat sedang menyetir. Perlu diketahui, meski bunda merasa kuat berkendara, tetapi kehamilan dapat membuat kondisi bunda mudah lelah dan mengalami kantuk berlebih. 

Hal ini tentunya juga tergantung pada kondisi fisik masing-masing. Untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara, berikut tips menyetir mobil saat hamil yang perlu diperhatikan, mengutip publikasi Daihatsu Indonesia.
 

1. Siapkan cemilan sehat dan air minum cukup

Saat berkendara terlalu lama, terkadang ibu hamil mudah merasa lapar sehingga perlu membawa camilan sehat. Sediakan camilan baik untuk kesehatan pencernaan dan sang buah hati.  Persiapkan juga air minum yang cukup untuk perjalanan bunda. Jangan sampai dehidrasi karena dapat berakibat buruk bagi kehamilan.
 

2. Pastikan dalam kondisi fit dan ada pendamping

Sebelum menyetir, pastikan bunda dalam kondisi fit dan tidak sedang sakit. Sebisa mungkin untuk mengurangi perjalanan yang mengharuskan menyetir mobil. Usahakan juga ada orang lain yang turut mendampingin bunda saat berkendara. Jadi jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, ada yang dapat segera menolong dan mengabari keluarga.
 

3. Perhatikan posisi menyetir

Hindari posisi tubuh yang terlalu maju saat duduk. Untuk menambah kenyamanan, bunda dapat memundurkan posisi kursi sampai dapat bergerak lebih leluasa. Saat berkendara, perhatikan juga jarak duduk antara perut dan setir yang aman yaitu minimal 25 cm. Selain itu sejajarkan posisi duduk bunda dengan setir mobil dengan tulang dada dan tidak mengarah pada bagian perut.
 

4. Wajib gunakan sabuk pengaman

Sabuk pengaman harus digunkaan oleh setiap pengendara mobil termasuk ibu hamil. Tetapi perhatikan pula posisi sabuk pengaman bunda. Posisi sabuk pengaman yang benar yaitu pada bagian atas tulang selangka, yakni antara lengan atas dan leher. Hindari memasang sabuk pengaman persis di bagian perut.
 

5. Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dapat berisiko yang bisa menyebabkan sakit punggung dan gangguan kesehatan pada ibu hamil. Usahakan untuk tidak melakukan perjalanan jauh selama berjam-jam, untuk kenyamanan dan kesehatan bunda. Apabila telah sampai di tujuan, bunda disarankan untuk berjalan-jalan santai sekitar 1 menit untuk melemaskan kaki yang tegang terlebih jika sudah memasuki trimester ketiga ke atas.
 

6. Siapkan bantal untuk mengganjal punggung.

Terkadang posisi duduk yang konstan dapat menyebabkan nyeri punggung. Terlebih jika perjalanan agak panjang tentunya terasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, kalian bisa mempersiapak bantal ataupun ganjalan empuk lainnya sebelum perjalanan. Lalu gunakan dan sesuaikan posisi duduk agar lebih terasa nyaman.

Bunda yang sedang mengandung boleh saja menyetir mobil, asalkan harus tetap selalu hati-hati dan memprioritaskan kenyamanan serta keselamatan. Semoga tips aman menyetir mobil saat hamil ini bermanfaat dan membuat bunda merasa lebih nyaman saat berkendara.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film Pendek One Place, Different Space Jadi Pemenang Viddsee Juree Awards 2021

BERIKUTNYA

Awas, Telat Ganti Minyak Rem Mobil Dapat Berakibat Fatal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: