Song Hye-kyo (kiri) dan Jun Ji-hyun (kanan). (Dok. SBS, tvN)

Jun Ji-hyun & Song Hye-kyo Jadi Aktris dengan Bayaran Tertinggi, Berapa Ya?

01 December 2021   |   19:56 WIB

Beberapa drama Korea yang populer memasuki pengujung tahun 2021 ini dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas. Sebut saja Jirisan yang dibintangi oleh Jun Ji-hyun bersama Ju Ji-hoon dan Now We Are Breaking Up yang dibintangi oleh Song Hye-kyo dan Jang Ki-yong.

Penampilan keduanya sebagai dua aktris top ditambah dengan reputasi merek yang ciamik membuat mereka dipandang sebagai dua aktor ternama yang memiliki karir cemerlang. Lantas, berapa harga pendapatan mereka dengan karirnya yang melesat jauh?

Chosun melaporkan bahwa keduanya mencetak rekor dengan bayaran tertinggi untuk setiap penampilannya di serial drama Korea, di mana keduanya dibayar sebesar 200 juta Won atau sekitar Rp2,43 miliar dalam kurs hari ini.

Dari harga ini, keduanya diperkirakan bisa mendapatkan pendapatan hingga 3,2 miliar Won atau sekitar Rp38,9 miliar untuk penampilan di dalam drama Korea dengan 16 episode.

Angka ini jauh lebih besar dibandingkan pendapatan Song Hye-kyo di drama Encounter (2018) dan pendapatan Jun Ji-hyun di drama Legends of the Blue Sea (2016) yang sama-sama memiliki nominal sebesar 100 juta Won per episode.

Meski tidak dirincikan, angka yang didapat Song dan Jun saat ini merupakan angka tertinggi di kalangan para aktris di Korea Selatan. Akan tetapi, angka ini masih jauh dibandingkan pendapatan para aktor yang lebih tinggi dibandingkan para aktris. 

Salah satu contohnya adalah aktor Kim Soo-hyun yang mendapatkan bayaran sebesar 500 juta Won atau sekitar Rp6,08 miliar per episode saat membintangi drama One Day.

Selisih angka pendapatan antara aktor dan aktris di Korea Selatan yang mulai berkurang ini menunjukkan bahwa ada peningkatan baik dalam segi produksi meski adanya perubahan struktur dalam pembagian biaya produksi, sebagaimana diutarakan kritikus budaya pop Jeong Duk-hyun.

"Bahkan jika kita memperhitungkan kekuatan sebuah acara dan lainnya, biaya tinggi [yang didapatkan beberapa artis] saat ini terkesan berlebihan. Sejak ada kesenjangan besar upah antara aktor dan kru, dan antara aktor dalam berbagai tingkat seleksi, kita perlu menyeimbangkan upah secara keseluruhan," tutup Jeong.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Simpel & Sehat, Yuk Coba Resep Baked Cheesy Cabbage ala Chef Yuda Bustara

BERIKUTNYA

Museum MACAN Tampilkan Karya Seniman Kelompok Tromarama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: