Ilustrasi kipas radiator (dok: Cash Car Buyers)

Ini 3 Ciri-Ciri Kipas Radiator Mobil Bermasalah

29 November 2021   |   21:28 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kondisi mesin dengan suhu kerja ideal harus selalu dipertahankan pada setiap mobil. Namun, bagaimana jika tiba-tiba terjadi kondisi mesin yang terlalu panas hingga overheat? Berarti ada masalah yang terjadi. Salah satunya adalah kipas radiator melemah. Sebenarnya ada ciri-ciri kipas radiator lemah yang harus segera diperbaiki.

Biasanya hal ini terjadi pada mobil yang kurang terawat atau pada kendaraan usia tua. Kalian jangan sampai mendiamkan masalah ini. Kipas radiator yang lemah dapat menyebabkan berbagai masalah lainnya. Oleh karena itu, mari simak ciri-ciri kipas radiator yang mulai lemah bersama Toyota Auto2000 di bawah ini.

Ada berbagai ciri-ciri yang dapat kalian rasakan jika kipas radiator mulai lemah. Kipas radiator sendiri memiliki perkembangan pada zamannya. Kipas radiator versi kuno langsung terhubung ke pulley mesin menggunakan V Belt. Pada saat ini, kipas radiator sudah digerakkan dengan motor listrik sehingga efisiensi tenaga mobil lebih bagus. 

Baca juga: Lakukan Ini agar Mesin Mobil Tidak Overheat

Tak perlu berpanjang lebar, berikut ini adalah ciri-ciri kipas radiator lemah atau bermasalah.
 

1. Mesin overheat

Mesin overheat menjadi salah satu ciri-ciri yang sangat nyata menjadi bukti dari kipas radiator lemah. Overheat terjadi karena sistem pendinginan mesin sama sekali tidak mampu dalam mengurangi suhu mesin yang terus meningkat.

Salah satu penyebab utamanya tentu saja karena hembusan kipas yang melemah. Akhirnya proses pendinginan radiator menjadi lebih lama lagi.

Padahal suhu mesin sudah seharusnya tidak terus meningkat walaupun sedang bekerja.
 

2. AC kurang dingin

AC menjadi salah satu fitur wajib di dalam mobil. Tugas utamanya adalah membuat suhu kabin menjadi lebih sejuk sehingga para penumpangnya merasa nyaman sepanjang perjalanan. Namun bagaimana jika AC kurang dingin?

Baca jugaKapan Harus Mengganti Filter AC Mobil? Simak Dulu Penjelasan Ini

Banyak orang berpikir bahwa masalah ini disebabkan oleh freon AC yang mulai habis. Padahal tidak hanya itu saja. AC kurang dingin juga bisa disebabkan kipas radiator yang mulai melemah. Kipas radiator berguna untuk mendinginkan kondensor AC. Kecepatan kipas radiator dapat memengaruhi suhu freon setelah didinginkan. 

Jika hembusan kipasnya ternyata lemah, maka secara otomatis, kinerja pendinginan freon menjadi kurang maksimal. Inilah yang membuat hembusan AC menjadi kurang dingin walaupun setting-annya sudah paling tinggi serta timbul suara ketukan atau ngelitik. 
 

3. Mesin ngelitik

Kembali ke bagian mesin, ternyata masih ada satu lagi ciri-ciri ketika kipas radiator lemah. Mesin ngelitik adalah istilah untuk engine knocking

Masalah ini terjadi karena ada pre-ignition. Ketika pre-ignition ini terjadi, berarti bisa disebabkan oleh suhu mesin yang terlalu tinggi. Kondisi ini yang memicu terjadinya pembakaran dini sehingga menimbulkan suara ketukan atau ngelitik.

Tak perlu khawatir, kalian bisa mendeteksi kipas radiator yang mulai melemah dengan cara ini;
1. Hidupkan mobil lalu nyalakan AC.
2. Sekarang keluar dari mobil lalu buka kap mesin.
3. Di dalam kondisi ini, kipas pendingin dapat hidup dalam interval tertentu saja. Artinya, kipas tidak selalu hidup. Selain itu hembusan kipas juga tidak terlalu besar.
4. Sekarang putar selektor suhu AC ke tingkat paling dingin, lalu amati kinerja kipas.
5. Seharusnya putaran kipas lebih lama, lebih cepat, dan hembusan angin cukup besar

Jika hal itu tidak terjadi, berarti memang ada masalah di bagian kipas radiator kalian.

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Garuda Mulai Melayani Penerbangan Jalur Vaksinasi Indonesia-Singapura

BERIKUTNYA

3 Alasan Kenapa Kaviar Sangat Mahal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: