Ilustrasi mesin kendaraan (dok: Unsplash/Chad Kirchoff)

Mobil Susah Dihidupkan saat Udara Dingin? Cek 5 Komponen Ini!

18 October 2021   |   17:01 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Memasuki akhir tahun pada umumnya jalanan menjadi lebih sering diguyur hujan yang terbilang lebat. Suhu udara pun menjadi lebih dingin dibandingkan dengan biasanya. Namun, keadaan tersebut ternyata dikeluhkan oleh sebagian pengguna mobil lantaran mesin mobil mereka jadi susah dihidupkan atau distarter.

Problem tersebut bukanlah hal yang normal karena pada dasarnya mesin kendaraan apapun didesain mudah untuk dihidupkan pada berbagai macam kondisi. Bisa jadi ada masalah tertentu pada mesin mobil.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter berulang kali. Apa saja? Berikut ulasan mengenai penyebab mobil susah distarter saat mesin dingin mengutip Toyota Auto2000.
 

1. Aki melemah

Penyebab pertama mobil susah distarter saat mesin dingin masih berhubungan dengan aki. Aki yang sudah lemah akan membuat mesin susah hidup meski sudah distarter berulang kali. Melemahnya aki akan membuat sistem kelistrikan mobil terganggu. Tanpa aki yang berfungsi normal, maka besaran daya untuk menghantarkan listrik tidak bisa tercapai.

Untuk mengetahui kondisi ini dengan pasti, gunakanlah voltmeter. Alat ini akan membantu AutoFamily untuk mengetahui apakah aki berfungsi normal atau tidak. Jika memang aki sudah lemah, segeralah mengisi air aki (khusus untuk aki basah) atau mengganti aki (khusus untuk mobil dengan aki kering).
 

2. Gangguan pada busi

Selain aki, busi ternyata juga bisa menjadi penyebab mobil susah distarter saat mesin dingin. Cek kondisi busi pada mobil. Jika kotor, segera bersihkan dengan sikat kawat atau bisa juga dengan menggunakan amplas halus. Kotoran yang menempel pada busi dapat menghambat kinerjanya. Jika kinerja busi terhambat, maka kinerja mesin tidak akan optimal.

Kalian juga perlu mengecek kelonggaran busi. Pastikan busi terpasang dengan baik pada dudukannya. Jangan memasang busi terlalu longgar atau terlalu rapat. Kaliper bisa digunakan untuk mengecek kerenggangan busi. Sudah melakukan semuanya, namun mesin masih sulit distarter? Bisa jadi busi memang sudah rusak. Jika hal ini yang terjadi, maka sudah pasti busi harus diganti dengan yang baru.
 

3. Suhu radiator tidak normal

Kalian juga sebaiknya melakukan pengecekan pada sistem radiator. Cek komponen yang bernama water temperature sensor (WTS) atau engine coolant temperature. Amati apakah suhu radiator normal atau tidak. Jika suhu radiator tinggi, maka bisa dipastikan mesin mengalami overheat. Begitu pula jika suhu terlalu rendah, sistem injeksi tidak akan berfungsi nomal.

Solusi dari permasalahan ini cukup rumit karena radiator termasuk salah satu komponen yang rentan. Pastikan mobil Anda mendapatkan penanganan profesional agar masalah radiator ini tidak “menular” pada komponen lainnya. 


4. Masalah pada pompa bahan bakar

Selanjutnya, penyebab mobil susah distarter saat mesin dingin datang dari komponen pompa bensin. Jika pompa bensin mengalami gangguan, maka mobil akan sulit untuk distarter.

Ini karena pompa bensin bertugas memastikan aliran bensin menuju karburator tetap lancar. Pompa bensin yang rusak akan membuat bensin tidak bisa mencapai karburator. Penanganan hal ini pun membutuhkan layanan teknisi profesional demi meminimalisir risiko kerusakan menjalar ke komponen mobil lainnya.
 

5. Dinamo ampere rusak

Terakhir, AutoFamily bisa mengecek komponen dinamo ampere (alternator). Dinamo ampere yang rusak ternyata bisa membuat sistem kelistrikan mobil terganggu. Tanpa adanya dinamo ampere yang berfungsi dengan normal, baterai aki tidak akan bisa terisi arus listrik meski aki dalam kondisi baik sekali pun.

Solusi dari permasalahan ini pun membutuhkan penanganan dari teknisi ahli. Letak dinamo ampere yang cukup jauh di dalam mesin membuat komponen ini rentan.

Itulah beberapa penyebab mengapa mobil susah distarter saat mesin dingin. kalian bisa melakukan langkah pencegahan dengan memanaskan mobil pada pagi hari, baik itu saat mobil akan digunakan maupun tidak.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

June iKON Debut Akting dalam Film Even If I Die, One More Time

BERIKUTNYA

Ini Loh Spesifikasi Smartphone Paling Banyak Dipakai Versi Antutu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: