Ilustrasi ban kendaraan (dok: Unsplash/Obi Onyeador)

Yuk Kenali Perbedaan Ban Tubeless & Ban Biasa

29 November 2021   |   09:30 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Fungsi ban mobil mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan pengemudinya. Dari semua jenis ban mobil, ban tubeless dinilai lebih baik dan dapat mempermudah mobilitas sehari-hari. Namun, sebenarnya apa perbedaan antara ban tubeless dan ban biasa atau tubetype

Membahas perbedaan di antara dua jenis ban ini memang harus dilihat dari berbagai sisi. Dimulai dari harga hingga kenyamanan. Menurut Toyota Auto2000, terdapat enam perbedaan yang cukup mencolok antara ban tubeless dan ban biasa, sehingga bisa menjadi pertimbangan kalian untuk memilih salah satunya.
 

1. Harga ban

Perbedaan pertama yang akan dibahas adalah dari harga. Sudah pasti ban tubeless lebih mahal daripada versi biasa. Namun walau lebih mahal ada berbagai keuntungan yang bisa dirasakan.

Ban tubeless hanya perlu diganti kalau memang sudah menipis. Kemudian kalau tertancap benda tajam seperti paku, band bisa ditambal sendiri secara cepat menggunakan lem khusus. Berbanding terbalik dengan ban biasa yang kalau sudah tertusuk benda tajam langsung bocor dan harus Anda bawa ke tukang tambal. 


2. Material ban


Sebenarnya kedua jenis ban ini sama-sama menggunakan material karet. Namun, ada perbedaanya juga. Ban tubeless memiliki lapisan fluid sealant yang mempertahankan kerapatan ban. Berbeda dengan ban biasa yang menggunakan ban dalam. 

Fluid sealant sangat bagus untuk membuat ban tubeless tidak mudah bocor karena secara otomatis akan merapatkan bagian yang terkena benda tajam.


3. Komponen ban

Komponen ban tubeless hanya terdiri dari ban dan velg saja. Sementara untuk ban biasa jauh lebih banyak. Ada komponen ban dalam, velg, ban luar, flap, hingga lock ring.

Versi tubeless memang lebih simpel namun tetap modern karena didukung lapisan fluid sealant yang menjadi salah satu komponen pendukung dalam ban tubeless sebagai pengganti ban dalam.

(Baca juga: Tidak Boleh Kurang atau Lebih, Ini Pentingnya Mengecek Tekanan Angin Ban Mobil)
 

4. Daya tahan ban

Dengan jargon anti-bocor yang dimiliki ban tubeless membuatnya lebih kuat dari sisi daya tahan. Karakter ban tubeless lebih kokoh hingga cocok untuk melewati berbagai jenis medan jalan. 

Namun, ada perbedaan yang kali ini membuat ban biasa terlihat lebih unggul. Ban biasa lebih mampu meredam berbagai jenis getaran. Mengapa bisa begitu? Karena ada tambahan bantalan dari ban dalam.

Inilah yang membuat kenyamanan ban biasa lebih baik ketika melewati jalan aspal dan dalam kecepatan rendah. Tapi jika sudah melewati jalanan berbatu menjadi lebih mudah rusak. Untuk itu, kalian kenali terlebih dahulu tanda-tanda ban mobil harus diganti.

 

5. Kenyamanan ban

Ban biasa yang tekanan anginnya keras tetap membawa rasa nyaman selama berkendara. Bagaimana jika ban tubeless yang terlalu banyak tekanan angin? Sudah pasti sangat tidak nyaman. 

Begitu juga ketika melewati jalanan yang basah dan licin karena hujan. Ban tubeless juga membawa rasa tidak nyaman. Ban biasa malah jauh lebih aman dan kuat. 
 

6. Kebocoran ban

Perbedaan ban tubeless dan ban biasa juga ada dari sisi kebocoran. Jika ban tubeless tertancap benda tajam, kalian tinggal melepaskan gangguan itu lalu menutup lobang dengan cairan anti bocor. Niscaya ban kalian kembali bisa digunakan.

Hal ini karena ban tubeless tidak memiliki bagian dalam dengan begitu ban ini jadi lebih aman dan kuat terhadap masalah kebocoran. Namun, ada beberapa faktor yang membuat ban ini bocor seperti bocor halus dan debu yang tertancap di jalanan.

Namun kelemahannya adalah kalau sudah bocor parah hingga kehabisan angin, tidak semua bengkel bisa membereskan masalah ini. 

Sebaliknya, ban biasa dapat bocor dengan mudah ketika tertancap benda tajam. Meski demikian, umumnya semua bengkel bisa menambalnya. 



Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kisah Mantan Driver Online yang Kini Sukses Berbisnis Sepatu Anak

BERIKUTNYA

Kenali 7 Ciri-ciri Alpukat yang Matang & Legit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: