Twitter (dok. Unslpash/Joshua Hoehne)

Jelang Liburan, Topik Belanja hingga Hadiah Akhir Tahun Ramaikan Twitter

26 November 2021   |   12:28 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tahun 2021 akan segera berakhir, yang berarti musim liburan akan tiba. Kendati masih dalam kondisi pandemi dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di beberapa tempat, pembicaraan soal liburan dan hadiah akhir tahun di media sosial tak lantas surut.

Riset terbaru dari Twitter terkait liburan mengungkap bahwa 50 persen orang Indonesia masih khawatir untuk berkumpul di tengah keramaian, tapi mereka juga tetap menyambut musim liburan dengan penuh harap dan semangat.

Semangat tersebut ditunjukkan dengan lebih dari 8 juta tweet terkait musim liburan di kawasan Asia tenggara, yang membahas berbagai macam topik mulai dari rekomendasi penawaran terbaik, aktivitas belanja dan memberi hadiah serta yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa insight menarik seputar musim liburan dan aktivitas terkait di Indonesia:


1. Perayaan dimulai lebih awal


Semangat musim liburan tidak pernah redup di lini masa Twitter. Percakapan mengenai liburan mulai ramai dibicarakan bahkan sejak pertengahan tahun dan kian melonjak menjelang akhir tahun.

Data Twitter tahun lalu juga menunjukkan percakapan seputar belanja dan ide-ide hadiah untuk perayaan Natal dan tahun baru sudah dimulai sejak pertengahan bulan November dan meningkat drastis hingga hari pelaksanaan.

(Baca juga: Twitter Siapkan Fitur Live Shopping)

(dok. Twitter)

(dok. Twitter)



2. Pencarian inspirasi hadiah musim liburan


Dengan berlanjutnya PPKM, sekitar 46 persen orang Indonesia masih memilih untuk berbelanja daring saat musim liburan. Dalam hal ini, banyak orang mencari inspirasi hadiah di platform media sosial termasuk Twitter.

Riset juga menyatakan bahwa 31 persen orang Indonesia kesulitan untuk mencari hadiah yang sesuai dan 33 persen menemukan brand baru dan penawaran menarik saat menjelajah di platform Twitter.

(dok. Twitter)

(dok. Twitter)

 


3. Merayakan musim liburan daring


Musim liburan identik dengan saling berbagi dan maraknya perayaan sehingga mayoritas topik percakapan terkait liburan menyoroti hal tersebut. Data Twitter tahun lalu menunjukkan topik paling ramai pada periode liburan adalah ucapan hari raya dengan 59 persen.

Selain itu, topik lain yang juga ramai diperbincangkan di Twitter pada musim liburan adalah hiburan dengan 17 persen dan berbelanja dengan 11 persen. Twitter menyatakan ini sejalan dengan maraknya penawaran menarik dari berbagai brand dan e-commerce pada musim ini.

(dok. Twitter)

(dok. Twitter)

 
"Musim liburan menjadi momen penuh keceriaan, terlihat dari betapa ramainya percakapan di Twitter. Mereka [masyarakat] datang ke Twitter untuk membicarakan tentang hadiah, mencari penawaran terbaik, atau sekadar mencar konten lucu dan inspiratir," kata Dwi Adriansah, Country Industry Head Twitter Indonesia.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Spotify Bikin Fitur Khusus Netflix Hub, Apa Itu?

BERIKUTNYA

Keguguran, Jessie J Syok tapi Tetap Gelar Konser

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: