Candi Barong tempat pemujaan Dewa Wisnu dan Dewi Sri (dok. Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY)

Candi Barong, Kala Dewa Wisnu dan Dewi Sri Memelihara Bumi

24 November 2021   |   06:50 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, kamu pernah berkunjung ke Candi Barong? Candi yang bernama asli Suragedug ini menjadi latar dalam Sumarah Kahuripan, Kisah Cinta Kesatria Jawa dan Puteri Bali pada pembukaan Pekan Kebudayan Nasional (PKN) pada akhir pekan lalu loh. Kenalan yuk sama candi Barong.  

Candi Barong merupakan salah satu candi Hindu yang berada di atas Bukit Batur Agung, sekitar 199,27 meter di atas permukaan laut. Tepatnya terletak di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini dibangun abad ke 9 sampai 10 Masehi. 
 

Barong, hiasan candi

Barong, hiasan candi

Nama Bagong diberikan karena saat ditemukan, terdapat ‘Kala’ di relung tubuh candi yang dalam bahasa Jawa diidentikkan dengan barongan, makhluk mistis dalam mitologi Jawa. Kala merupakan hiasan candi yang  melambangkan waktu, maut, dan hitam.

Candi Barong didirikan sebagai tempat pemujaan kepada Dewa Wisnu dan Dewi Sri. Buat kamu yang suka sejarah, pasti tahu dong siapa Dewa Wisnu? Ya, dia adalah salah satu Trimurti dalam agama Hindu yang berkedudukan sebagai pemelihara. Sementara Dewi Sri merupakan salah satu sakti Dewa Wisnu, dianggap sebagai Dewi Padi dalam kehidupan masyarakat Jawa. 

Pemujaan terhadap Dewa Wisnu dan Dewi Sri terkait dengan kehidupan masyarakat pada waktu itu yang sebagian besar menggantungkan hidupnya pada hasil pertanian. 

Oleh karena kondisi lingkungan sekitar yang tandus, maka pemujaan terhadap Dewa Wisnu dan Dewi Sri dimaksudkan untuk mendatangkan berkah kesuburan sehingga dapat memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat. 
 

Sendratari berlatar belakang Candi Barong

Sendratari berlatar belakang Candi Barong

Sutradara Jay Subiakto mengaku tertarik dengan Candi Barong yang terletak hampir 200 meter di atas permukaan laut. Apalagi kisah candi ini senada dengan sendratari Kisah Cinta Kesatria Jawa dan Puteri Bali. Melalui pementasan tersebut, setidaknya Jay dan para seniman yang terlambat sekaligus mengenalkan candi dan sejarahnya yang belum banyak diketahui orang itu. 

“Candi ini disembahkan untuk Dewa Wisnu dan Dewi Sri, dewa yang memelihara bumi ini,” sebutnya.

Buat kamu yang mengikuti pembukaan PKN 2021, tertarik enggak untuk berkunjung langsung ke Candi Barong? Yuk siapkan alternatif wisatamu selain ke Candi Borobudur maupun Candi Prambanan.

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

6 Gaya Hidup Ini Dapat Meningkatkan Risiko Demensia

BERIKUTNYA

Jadi Serial Terpopuler, Netflix Beri Bonus untuk Para Pemain & Kru Squid Game

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: