Photo by Jordan Nix on Unsplash

Bunda, Perhatikan 5 Hal Ini saat Memilih Pakaian Bayi

23 November 2021   |   08:22 WIB

Persiapan penting saat menyambut kehadiran anak salah satunya menyediakan pakaian bayi yang akan digunakan pada saat si Buah Hati lahir. Ada banyak jenis pakaian yang harus disiapkan mulai dari pakaian dalam, baju tidur,hingga jaket yang semuanya harus nyaman saat dikenakan.

Memilih pakaian untuk bayi tentu enggak mudah terutama untuk pasangan yang baru akan menjadi orang tua. Nah, buat kalian calon ayah bunda, lima tips ini bisa membantu dalam memilih pakaian bayi yang sesuai dengan kebutuhan.
 

1. Gunakan pakaian dasar

Dengan kecenderungan bayi yang lebih sering berganti pakaian, gunakan pakaian dasar bagi si kecil seperti onesie atau baju terusan yang lebih simpel dibandingkan sepasang pakaian yang terdiri dari atasan dan bawahan. Lalu, pakaian lain yang direkomendasikan adalah pakaian dengan kancing yang ditekan ketimbang kancing biasa yang mempermudah proses penggantian baju.
 

2. Cari pakaian yang nyaman

Kunci dari pakaian untuk si kecil adalah kenyamanan, baik dalam kemudahan pemakaian hingga model pakaian yang digunakan. Cari pakaian yang mudah dikenakan bahkan dalam posisi tertidur, model pakaian yang nyaman saat dikenakan terutama pada model kerah leher yang longgar, dan bahan pakaian katun yang nyaman tanpa meningkatkan risiko iritasi kulit.
 

3. Menyiapkan pakaian utama

Layaknya membeli pakaian untuk orang dewasa, pakaian untuk bayi juga memiliki beberapa setelan yang wajib dimiliki. Contohnya adalah kaos dalam atau singlet, bodysuit lengan pendek, bodysuit lengan panjang, kaos kaki, dan sepatu pre-walker dengan sol yang lembut. Beberapa pakaian ini wajib dimiliki karena akan sering digunakan setiap saat, baik di rumah maupun saat bepergian.
 

4. Kenali ukuran pakaian si kecil

Ukuran pakaian adalah hal yang harus dikenali, baik ukuran untuk pakaian dewasa maupun pakaian bayi. Standar umum yang biasa diberlakukan adalah ukuran 00000 digunakan sebagai ukuran terkecil untuk bayi dan angka nol ini bisa berkurang seiring dengan bertambahnya usia. 

Ukuran lainnya juga bisa ditentukan dari usia anak, sehingga penting untuk tetap menyesuaikan ukuran sesuai dengan pertumbuhan si kecil. Tapi enggak ada salahnya untuk membeli pakaian dengan ukuran yang lebih besar hingga dua tingkat di atas ukuran yang biasa dikenakan mengingat bayi biasanya mengalami pertumbuhan yang cepat.
 

5. Ketahui hal-hal yang harus dihindari

Setelah kenal dengan ciri-ciri pakaian yang biasa dikenakan bayi, ini saatnya Genhype juga harus mengenal pakaian apa saja yang tidak direkomendasikan. Pada umumnya, pakaian yang tidak direkomendasikan untuk bayi adalah pakaian yang mengabaikan keamanan dan kenyamanan. Beberapa contohnya adalah kaos oblong dan celana jins yang bisa memicu ketidaknyamanan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Studi: Terlalu Lama Menatap Layar Bisa Tingkatkan Risiko Stroke

BERIKUTNYA

Apa Saja Fungsi Filter Oli dan Kapan Harus Diganti?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: