Clubhouse (Unsplash/Nathana Reboucas)

Asyik, Clubhouse Tambah Fitur Teks Otomatis di Ruang Obrolan

21 November 2021   |   17:25 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Aplikasi jejaring sosial berbasis audio Clubhouse, mulai meluncurkan fitur teks langsung di platform seluler iOS. Fitur tersebut akan secara otomatis menghasilkan transkripsi langsung selama sesi audio pembicara dan memungkinkan pengguna mengikuti obrolan dalam format teks. Fitur ini cukup dinantikan oleh para penggunanya karena dapat memberikan kemudahan bagi mereka untuk lebih memahami topik pembicaraan.

Terlebih, kompetitornya seperti Twitter Spaces telah menerapkan fitur teks langsung di platformnya.
 
Clubhouse mengumumkan pembaruan tersebut melalui akun Twitter resminya. Nantinya, pengguna iOS dengan versi tertentu dapat menggunakan fitur tersebut ketika berada di ruangan siaran langsung. Jadi, ketika orang berbicara, akan ada teks berjalan yang mengiringi.
 
Adapun, laporan dari TechCrunch menyatakan bahwa fitur teks langsung tersebut untuk saat ini tersedia dalam 13 bahasa. Ini termasuk Bahasa Inggris, Kantor, Mandarin China, Yue China, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Spanyol, Arab, Rusia, dan Turki.
 
Dilaporkan bahwa 12 bahasa lainnya saat ini sedang dalam tahapan pengujian beta dan akan diluncurkan dalam beberapa waktu mendatang. Clubhouse tampaknya menyadari bahwa aplikasinya saat ini telah digunakan oleh banyak orang di berbagai negara yang punya Bahasa berbeda-beda.
 
Sementara fitur ini baru tersedia di perangkat dengan sistem operasi iOS, masih belum ada konfirmasi tentang peluncurannya di platform Android. Kendati begitu, umumnya perusahaan akan meluncurkan fitur di seluruh platform. Tinggal masalah waktu saja.
 
Di tengah ketatnya persaingan platform berbasis audio – dengan masuknya perusahaan seperti Twitter dan Meta/Facebook – Clubhouse tengah gencar menghadirkan sejumlah fitur aksesibilitas yang membuat platformnya lebih mudah untuk digunakan.
 
Upaya itu termasuk penambahan dukungan untuk 13 bahasa bar uke aplikasinya yang meliputi Prancis, Jerman, Hindi, Indonesia, Italia, Jepang Kanada, korea, Malaysia, Portugis, Spanyol, hingga Tamil serta beberapa Bahasa daerah dari sejumlah negara.
 
Selain itu, perusahaan juga menambahkan fitur untuk merekam dan memutar ulang percakapan serta mengunduh klip 30 detik untuk dapat dibagikan di media sosial dan situs lain. Clubhouse juga mengumumkan fitur tautan baru yang memungkinkan pengguna berbagi tautan luar dan memonetisasi karya di platformnya.
 
Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Tips Virtual Photoshoot ala Alika Islamadina

BERIKUTNYA

Sosok Ayah Jadi Inspirasi Sutradara Makbul Mubarak Angkat Film Autobiography

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: