Simulator balapan yang tersedia di booth Pertamina di GIIAS 2021, ICE-BSD, Tangerang (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Enggak Bisa Test Drive? Coba Simulator Balap di Booth Pertamina GIIAS 2021 Saja

20 November 2021   |   16:27 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian yang tidak bisa mencoba langsung atau test drive kendaraan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 karena belum  memenuhi persyaratan sepertinya  tak perlu berkecil hati. Karena Anda bisa merasakan sensasi yang tak jauh berbeda lewat simulator mobil yang berada di booth PT Pertamina (Persero).

Pertamina menyediakan tiga simulator balap mobil yang bisa dicoba oleh pengunjung GIIAS 2021. Dua simulator berada booth utama yang ada di dalam Hall 3 ICE-BSD dan booth tambahan di hallway antara Hall 3-3A ICE BSD.

Booth Pertamina yang ada di GIIAS 2021 (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Booth Pertamina yang ada di GIIAS 2021 (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Tidak ada batasan umur untuk menggunakan simulator ini. Siapa saja, termasuk anak-anak diperkenankan untuk mencobanya dan mengikuti challenge atau tantangan berhadiah.

Menurut Penanggung Jawab Simulator Booth Pertamina Agus, setiap pengunjung mendapatkan giliran waktu bermain selama empat menit. Apabila mampu menyelesaikan permainan dengan waktu kurang dari empat menit, pengunjung akan mendapatkan hadiah berupa suvenir dari Pertamina.

Pada hari pertama atau pembukaan GIIAS 2021, Agus menyebut hadiah yang diberikan tidak hanya suvenir, akan tetapi ada tiket menonton balapan World Superbike (WSBK) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Sebagai catatan, gim yang dimainkan di simulator ini adalah gim reli Dirt Rally. Semua setelan permainan tidak bisa diubah oleh pengunjung, termasuk mobil yang digunakan juga dipilihkan oleh petugas.

"Mobil yang ada di simulator ini sebenarnya bisa dipilih. Tetapi kita buat sama supaya fair. Setelannya juga, ini dibuat otomatis walaupun bisa jadi manual karena ada kopling dan persnelingnya juga, tetapi ya kita buat semua sama rata agar fair," katanya ketika ditemui oleh Hypeabis, Jumat (19/11/2021).

Agus mengatakan antusiasme pengunjung GIIAS 2021 yang ingin mencoba simulator mobil di booth Pertamina terbilang besar. Bahkan, beberapa influencer otomotif menyempatkan diri untuk mencoba di sela-sela kesibukan mereka.

a

Simulator balapan yang tersedia di booth Pertamina di GIIAS 2021, ICE-BSD, Tangerang

"Kemarin ada Om Mobi sempat main disini juga. Kebanyakan yang main kesini anak-anak remaja tetapi yang memang tidak bisa test drive juga karena belum [cukup] umur. Mereka jago-jago, kurang dari empat menit selesai," tuturnya.

Hypeabis berkesempatan mencoba langsung simulator balap yang ada di booth Pertamina GIIAS 2021. Kesan pertama yang didapatkan adalah rasanya sama seperti mengendarai mobil sungguhan, setirnya terasa mantap dengan feedback seperti setir mobil sungguhan. 

Demikian halnya dengan pedalnya, rasanya sama seperti pedal sungguhan yang ada di mobil, alih-alih seperti pedal yang biasanya ada di mesin gim di wahana bermain. 

Tempat duduk atau kursinya juga seperti mobil sungguhan, lebih tepatnya mobil balap. Mencengkeram tubuh dengan baik dan bisa dimaju mundurkan sesuai dengan tinggi badan.

Mobil yang digunakan dalam permainan adalah Subaru Impreza, terbilang mudah dikendalikan. Walaupun demikian, jika belum terbiasa ketika menemui tikungan tajam mobil berpotensi terbalik apabila setir tidak dipegang erat.

Agus menjelaskan booth Pertamina dibuka sesuai dengan operasional pameran GIIAS 2021 yaitu di jam 11.00 – 20.00 WIB. Guna menerapkan protokol kesehatan, jam berkunjung booth Pertamina akan terbagi menjadi 3 sesi, yaitu:

– Jam 11.00 – 14.00 WIB
– Jam 14.00 – 17.00 WIB
– Jam 17.00 – 20.00 WIB

Adapun, untuk pengunjung yang ingin mencoba simulator mobil di booth Pertamina, syaratnya mudah saja, cukup mendaftar di meja pendaftaran dan mengunduh aplikasi MyPertamina. Sambil menunggu giliran mereka bisa melihat produk-produk pertamina serta mobil dan motor sport yang juga dipamerkan di booth tersebut.



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Bolehkah Perempuan Usia 15-24 Tahun Tahun Pakai Produk Skincare Anti-Aging?

BERIKUTNYA

Summer Walker, Ari Lennox, Ashanti hingga Silk Sonic Akan Tampil di Soul Train Awards 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: