Ilustrasi teh. (Dok. Manki Kim dari Unsplash)

Genhype Suka Minum Teh? Ini 3 Manfaatnya bagi Kesehatan Fisik & Mental

24 May 2021   |   21:07 WIB

Hal ini kemudian ditambahkan dengan satu tinjauan dari 100 studi pada 2017 yang menunjukkan, adanya tiga dampak teh hijau pada otak. Di antaranya gejala psikopatologis seperti mengurangi kecemasan, memengaruhi memori dan perhatian pada kognisi otak, serta fungsi otak terutama memori.

Akan tetapi, studi dari Borgwardt ini memiliki kelemahan, karena jumlah partisipan yang kecil sehingga membutuhkan penelitian dengan partisipan yang lebih banyak serta dampaknya yang tidak besar.

2. Kurangi gejala depresi, demensia, dan down syndrome

 

 Ilustrasi teh. (Dok. Miti dari Unsplash)

Ilustrasi teh. (Dok. Miti dari Unsplash)


Satu studi di Korea Selatan pada 2018 menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau secara rutin memperlihatkan adanya pengurangan risiko depresi hingga 21% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. 

Akan tetapi, studi ini lebih menunjukkan keterkaitan dibandingkan dengan sebab akibat serta dilakukan dengan metode observasi.

Menurut Borgwardt, pengaruh dari teh terhadap penyakit psikiatris seperti depresi dan demensia punya potensi keterkaitan dan mungkin saja bisa berpotensi mengurangi risiko tersebut. Ini diperkuat dengan beberapa studi pada hewan yang menunjukkan konsumsi teh bisa mengubah bagian gray matter pada otak.

Namun, studi tersebut juga merupakan studi awal sehingga perlu dilakukan studi-studi eksperimen lebih lanjut, dengan cakupan yang lebih besar sebelum muncul suatu kesimpulan.
 
1
2
3


SEBELUMNYA

Gemas! Drake Bawa Anak Saat Terima Penghargaan Artist of the Decade BBMA 2021

BERIKUTNYA

Wow, Tayangan Spesial Friends: The Reunion Rilis Eksklusif di HBO Akhir Bulan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: