Ilustrasi alarm mobil (Dok: Suzuki Indonesia)

Ini Penyebabnya Alarm Mobil Tidak Bunyi saat Dikunci

16 November 2021   |   15:12 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Bunyi alarm mobil tidak dirancang agar orang terlihat keren, tapi untuk memastikan keamanan mobil. Alarm harus berbunyi sesuai dengan fungsinya, dan ini perlu diperhatikan dengan benar. Bunyi yang keluar dari alarm mobil harus cukup keras untuk terdengar dari jarak beberapa meter. 

Alarm akan berbunyi ketika ada yang mencoba membuka paksa ke dalam mobil. Fungsi yang kedua adalah penanda bahwa mobil telah terkunci secara otomatis. Biasanya bunyi akan terdengar ketika kalian menekan kunci remote alarm. 

Namun apa yang terjadi ketika menekan tombol pada remote ternyata alarm tidak berbunyi? Tentu muncul perasaan bingung dan menyangka bahwa terjadi kerusakan pada sistem. Kalian pun berpikiran akan mengeluarkan biaya banyak untuk memperbaikinya. 

Alih-alih bingung, Genhype seharusnya mengenali apa penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Mengutip Suzuki Indonesia, berikut beberapa penyebab yang wajib dikenali oleh pengemudi ketika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci.
 

1. Habisnya baterai pada central lock 

Sebelum panik, Anda bisa mencoba mengecek kondisi baterai central lock. Kemungkinan terbesar alarm tidak berbunyi atau justru berbunyi tanpa henti karena baterai yang sudah habis. 

Cara mengeceknya adalah membuka mobil secara manual dengan kunci, baru setelah itu melihat apakah baterai sudah habis. Baterai yang habis adalah penyebab paling umum yang sering terjadi karena pengemudi lupa untuk mengeceknya secara berkala. 
 

2. Mobil masih dalam mode valet

Alarm dapat diatur ke mode senyap ketika pengemudi ingin menggunakan layanan valet. Pada saat inilah keamanan mobil perlu dilonggarkan karena akan dibawa oleh orang lain untuk diparkir. 

Jika Anda lupa untuk mengubah mode senyap atau valet ini sudah pasti alarm tidak akan menyala ketika mobil dikunci. Bahkan lampu indikator pun tidak akan menyala ketika mengaktifkan mode senyap. 

(Baca juga: Tips Merawat Kunci Kontak Sepeda Motor agar Tidak Cepat Longgar)
 

3. Pintu mobil masih terbuka 

Kelalaian yang tampak sepele namun ternyata berdampak besar terhadap aktifnya alarm mobil yaitu pintu yang tidak tertutup dengan benar. Sensor mobil tidak akan mendeteksi dengan baik karena pintu masih terbuka. 

Tidak sedikit penumpang yang tidak menutup pintu dengan rapat sehingga alarm pun tidak berbunyi. Hal sepele ini sering membuat panik yang sebenarnya bisa diatasi dengan mengecek ulang setiap pintu. 

Ketika kalian mendapati alarm tidak berbunyi, mengecek pintu apakah sudah rapat adalah hal pertama yang perlu dilakukan. 
 

4. Kerusakan pada sistem alarm mobil

Penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci yang kedua adalah kerusakan pada sistem. Alarm memiliki beberapa rangkaian sistem dan bisa mengalami kerusakan. Misalnya saja pada bagian module atau sirine. 

Ketika module alarm rusak maka arus listrik yang mengontrol sirine putus sehingga alarm pun tidak akan berbunyi. Begitu juga jika sirine yang rusak maka module tidak dapat membunyikan alarm. 

Sistem yang rusak juga bisa saja pada bagian sensori yang mengakibatkan sensibilitas mobil menurun atau justru meningkat. Efeknya adalah alarm berbunyi terus atau tidak sama sekali. 

Apabila setelah kalian mengecek masing-masing penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci ini, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel terdekat. 

Hindari untuk membongkar alarm mobil sendiri karena justru bisa merusak sistemnya jika kalian tidak berpengalaman. Apalagi jika mobil kalian menggunakan alarm jenis original equipment manufacture (OEM) atau bawaan pabrikan. 

Lebih baik untuk menyerahkan pengecekan sekaligus perbaikannya kepada teknisi profesional.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Adidas Minta Maaf Salah Sebut Wayang Kulit Berasal dari Malaysia

BERIKUTNYA

Resmi Tinggalkan Jepang, Putri Mako Pindah ke New York dengan Suami

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: