Ilustrasi alarm mobil (dok: Auto2000 Toyota)

Simak 3 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

11 November 2021   |   10:15 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Alarm merupakan salah satu aksesori mobil yang memiliki peran cukup besar dalam hal keamanan. Setelah turun dari mobil yang telah diparkir, biasanya kalian akan langsung menekan tombol alarm untuk mengunci mobil.

Jika alarm mengeluarkan bunyi, tandanya mobil telah terkunci dan kalian pun bisa meninggalkan mobil tanpa was-was. Namun, bagaimana jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci?

Tentunya hal tersebut bisa cukup merepotkan. Kalian jadi harus memastikan secara manual apakah mobil benar-benar telah terkunci setelah tombol alarm ditekan. Jangan membiarkan alarm mobil error. Segera ketahui penyebabnya agar dapat mengambil langkah perbaikan secara tepat.

Tak perlu berpanjang lebar, berikut ini adalah tiga penyebab alarm mobil tidak bunyi ketika dikunci menurut Auto2000 Toyota.
 

1. Baterai pada central lock sudah habis

Sepertinya inilah penyebab yang paling sering dialami para pemilik mobil tanpa mereka sadari. Seiring dengan meningkatnya penggunaan alarm mobil, baterai pada central lock akan berkurang.

Pada suatu titik, baterai tersebut pun bisa habis sehingga menjadi penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Alhasil, kalian harus membuka dan menutup kunci mobil secara manual.

Solusi dari masalah tersebut tentu saja mengganti baterai pada central lock. Coba datangi bengkel Auto2000 terdekat untuk berkonsultasi dengan mekanis andal dan berpengalaman. Agar hal seperti itu tidak terjadi lagi, usahakan selalu mengecek baterai pada central lock secara rutin atau berkala.
 

2. Alarm mobil dalam pengaturan mode valet

Tahukah kalian bahwa alarm mobil dapat disetel atau diatur dalam mode valet? Fungsi dari mode valet adalah membuat alarm berada dalam mode senyap. Biasanya, mode valet diaktifkan saat seseorang menggunakan layanan valet parking untuk mobilnya.

Seperti yang sudah kalian ketahui, valet parking merupakan layanan yang disediakan mall, hotel, restoran, atau berbagai tempat umum lain untuk memarkirkan mobil kalian. Sebagai pemilik mobil, Anda akan mendapat nomor parkir, lalu akan ada petugas khusus yang memarkirkan mobil kalian.

Nah, karena mobil kalian dibawa oleh orang lain selama beberapa saat, keamanan mobil pun mau tak mau harus sedikit dilonggarkan. Caranya adalah dengan mematikan sistem alarm. Karena sistem alarm mati, maka lampu indikator dan bunyi alarm pun juga ikut mati saat tombol dipencet. Jadi, jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci, tapi indikator alarm menyala terus-terusan, ada kemungkinan mode valet sedang aktif.

Untuk mengubahnya kembali ke mode normal, buka pintu kemudi mobil Toyota Anda. Lalu, tekan tombol lock bergambar gembok terkunci pada alarm. Setelah itu, ganti tekan tombol unlock bergambar gembok tidak terbuka. Biasanya, pada titik ini alarm mobil akan berbunyi. Baru kemudian kalian bisa menekan kembali tombol lock untuk mematikannya.
 

3. Sistem alarm mobil mengalami kerusakan

Kerusakan pada sistem juga dapat menjadi penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Dalam hal ini, kerusakan yang dimaksud kemungkinan besar terjadi pada module alarm atau sirine. Jika terjadi kerusakan pada module alarm, maka tidak akan ada arus yang dialirkan untuk mengontrol kerja sirine.

Akibatnya, alarm mobil pun tidak bunyi saat dikunci. Sedangkan apabila sirine mobil rusak, arus yang berasal dari control module tidak akan bisa membunyikan alarm karena sirine mati.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Bahaya, Polusi Air Ini Sebabkan Kerusakan Saraf dan Paru-paru

BERIKUTNYA

Cukup 2 Menit Hilangkan Stres dan Tingkatkan Kembali Produktivitas, Coba Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: