Ilustrasi hand sanitizer (dok. Pexels)

Bahaya, FDA Temukan Bahan Pemicu Kanker di Hand Sanitizer Merek Ini

16 November 2021   |   14:32 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) baru-baru ini menemukan hand sanitizer yang mengandung bahan pemicu kanker loh. Hal ini menimbulkan kekhawatiran, karena penggunaan produk pembersih tangan tersebut meningkat pada pandemi Covid-19. 

Pada Maret 2021, Valisure, perusahaan yang menilai komposisi berbagai produk terkait kesehatan, mengumumkan adanya kandungan benzena dalam sampel 44 produk hand sanitizer merk ArtNaturals.

Lembaga ini lantas menyurati FDA agar produk tersebut ditarik dari peredaran dan melakukan pemeriksaan serta penyelidikan lebih lanjut.

Setelah melakukan penyelidikan, FDA pada Oktober mengonfirmasi kadar benzena, asetaldehida, dan kontaminan asetal dalam sampel hand sanitizer ArtNaturals. Keputusan ini langsung ditindaklanjuti pihak ArtNaturals yang sukarela menarik produknya dari pasar.

(Baca juga: Simak 5 Kesalahan Umum Penggunaan Hand Sanitizer)

Mengutip Express, Selasa (16/11/2021), Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH) telah mengklasifikasikan benzena sebagai karsinogen.

Hal ini berarti bahwa jika kita berulang kali menghirup, menelan, atau menyentuh produk yang mengandung benzena, akan berisiko terkena kanker jenis tertentu.

Benzena diketahui berpotensi mengacaukan sel-sel di sumsum tulang dan memengaruhi kemampuan sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah. Senyawa organik ini juga dapat menyebabkan anemia dan pendarahan abnormal.

Tidak henti di situ, benzena dapat memengaruhi kemampuan sumsum untuk menghasilkan sel darah putih, yang bertugas melindungi sistem kekebalan. Apabila sistem kekebalan ini melemah, risiko infeksi semakin meningkat.

Adapun yang paling mengejutkan, ketika benzena menyebabkan sumsum tulang menghasilkan sel-sel darah putih abnormal, bisa menimbulkan leukemia. National Cancer Institute (NCI) mengklasifikasikan leukemia sebagai kanker darah.

Biasanya benzena digunakan sebagai pelarut untuk menghasilkan berbagai jenis produk seperti plastik, resin, nilon dan serat sintetis. Oleh karena itu, FDA memandang aneh ketika benzena justru terdapat dalam hand sanitizer yang proses pembuatannya dilakukan di pabrik ArtNaturals di China.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Setelah Luncurkan Pengaturan Bahasa Indonesia, Clubhouse Bakal Hadirkan Pengaturan Bahasa Jawa

BERIKUTNYA

Maybank Marathon 2021 Digelar secara Virtual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: