Konferensi pers kompetisi Selera Startup di Gading Serpong, Tangerang, Banten, Senin (15/11). (Dok. Hypeabis.id/Laurensia Felise)

Kompetisi Selera Startup Pilih 5 Pebisnis Kuliner Lokal Terbaik

15 November 2021   |   18:45 WIB

Bisnis makanan dan minuman kini menjadi salah satu bidang bisnis yang banyak diminati pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Lantaran bidang tata boga ini bisa digeluti oleh siapa saja, tren bisnis makanan berkembang pesat meski pelakunya hanya bermodalkan pengalaman yang minim.

Guna memperkaya pengalaman dan pengembangan bisnis kuliner inilah mendorong perusahan investasi dan agregator bisnis food and beverage alias F&B, Selera Kapital Brands mengadakan kompetisi Selera Startup sebagai bentuk upaya bantuan kepada bisnis F&B UMKM lokal agar mampu berkembang.

Ide dari pengembangan kompetisi ini diawali dengan adanya keinginan untuk mewujudkan kesuksesan bisnis F&B lokal.

Menurut Founder Selera Kapital Brands Donny Pramono, Indonesia sebenarnya memiliki local champion di bidang makanan di setiap daerah, akan tetapi realitas yang terlihat adalah merek dari luar negeri justru mendominasi. Dari sanalah, dia merasa bahwa seharusnya makanan Indonesia bisa bersaing di negeri sendiri. 

Co-founder Selera Kapital Brands Yohanes Pauly pun mengutarakan hal yang sama. Dengan adanya upaya untuk pengembangan bisnis F&B lokal diharapkan lebih banyak lagi pebisnis kuliner lokal yang menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Tujuannya adalah untuk membantu pemilik bisnsis makanan dan minuman dapat memperbanyak cabang atau franchise," tuturnya.

Kompetisi Selera Startup dilakukan dengan melihat berbagai faktor dalam sebuah bisnis makanan dan minuman. Co-founder Edho Zell menjelaskan bahwa ada beberapa faktor penting yang menjadi pertimbangan penilaian terhadap lebih dari 500 peserta yang mendaftar di lomba ini.

"Kita lihat semua potensi yang bisa dikeluarkan sebuah produk. Konsepnya, rasanya, bisnisnya, survei, riset, serta potensi dan kontribusinya," jelasnya.

Dalam proses seleksi ini pula, dia juga bercerita bahwa penilaian setiap seleksi berbeda-beda. 

"Dari 500 bisnis menjadi 100 bisnis itu dari konsep, Lalu dipilih 30 itu dari rasa [yang sesuai dengan lidah orang Indonesia], terus dipilih 15 dari survei lokasi, dan dipilih 5 pebisnis dari pola pikir dan perilaku berbisnis berdasarkan wawancara, Pemenangnya ditentukan dari keseluruhan aspek," tambahnya.

Selera Startup kini memilih lima finalisnya dari berbagai daerah, serta berbagai jenis bidang makanan dan minuman. Nantinya, satu pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan hadiah senilai Rp1 miliar yang terdiri dari uang tunai dan bimbingan pengembangan bisnis dari para panelis serta tim dari Selera Kapital Brands.

Acara final dari Selera Startup akan diselenggarakan pada 25 November 2021 di acara IDEAFEST. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Calla the Label Jadi Wakil Indonesia dalam Kolaborasi Adidas UltraBOOST DNA City Pack

BERIKUTNYA

Autobiography, Film Panjang Pertama Sutradara Makbul Mubarak Segera Tayang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: