Ilustrasi kopi (dok: Unsplash/Nathan Dumlao)

Begini Cara Menyimpan Kopi biar Terjaga Kualitasnya

08 November 2021   |   08:20 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Salah satu kebiasaan para penikmat kopi ketika berkunjung ke suatu kota adalah membeli kopi khas dari daerah setempat. Selain itu, mereka juga kerap menerima buah tangan berupa kopi dari keluarga atau rekannya sepulang berkunjung dari luar kota.

Tentu saja, hal tersebut membuat para pecinta kopi harus menyimpan begitu banyak kopi di untuk beberapa lama. Nah jika disimpan dengan baik dan benar, tentu saja semua stok kopi tersebut akan terjaga rasa dan kualitasnya.

Melansir Healthline, Senin (8/10/2021), apabila disimpan dengan benar, biji Kopi utuh bahkan kopi bubuk bisa bertahan lama. Karena kopinya kering, varietas yang kalian beli untuk digunakan di rumah kemungkinan tidak akan mengembangkan jamur atau bentuk kerusakan lain yang berasal dari kelembaban. 

Dengan demikian, bisa dipastikan jika kopi tidak disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara, kesegaran dan rasanya bisa mulai menurun. Perlu diingat juga bahwa tempat penyimpanan kopi, baik di konter atau di dapur, lemari es, atau freezer  juga ikut mempengaruhi keawetan.

Suhu dingin di lemari es atau freezer dapat memengaruhi rasa kopi kering, tetapi juga dapat mengawetkan Kopi untuk waktu yang lebih lama.

Lebih lanjut, berikut ini adalah penjelasan bagaimana cara menyimpan kopi yang baik dan benar, termasuk menyimpan kopi yang sudah diseduh. Karena saat ini tersedia kopi dalam bentuk kemasan curah yang dapat disimpan untuk konsumsi dalam kurun waktu tertentu.
 

1. Biji kopi utuh

Biji kopi panggang yang belum dibuka akan tetap segar sampai tanggal terbaiknya. Sementara itu, biji yang sudah dibuka disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu kamar. Menjauhkan biji kopi dari panas dan cahaya akan membuatnya tetap segar selama 1 hingga 3 minggu.
 

2. Kopi giling

Mirip dengan biji kopi, paket kopi bubuk yang belum dibuka akan tetap segar sampai tanggal terbaik dari produsen.   Kopi yang sudah dibuka atau baru digiling harus disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu kamar. Pastikan agar jauh dari panas, cahaya, dan kelembaban. Untuk kesegaran maksimal, konsumsi dalam 1 hingga 2 minggu.
 

3. Brewed hot coffee dan espresso

Brewed hot coffee dan espresso terasa paling enak saat dikonsumsi sesaat setelah diseduh. Dalam beberapa jam, rasa akan mulai menurun. Kalian dapat menyimpan kopi yang diseduh di lemari es dalam wadah tertutup selama beberapa hari, tetapi rasanya tidak akan enak seiring waktu. 
 

4. Cold brew 

Konsentrat minuman dingin bertahan 7 hingga 10 hari dalam wadah tertutup di lemari es. Minuman dingin yang sudah dicampur dengan air tetap segar selama sekitar 3 hingga 4 hari, kecuali jika mengandung susu atau krimer  bila disimpan dengan cara yang sama.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Soundtrack Jirisan Milik Jin BTS Dominasi Tangga Lagu iTunes Global

BERIKUTNYA

Bukan Cuma Hiasan, Ini 7 Fungsi Talang Mobil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: