Astroworld Festival. (Dok. Pop Crave)

8 Penonton Tewas di Astroworld Festival yang Berakhir Ricuh

06 November 2021   |   20:05 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sedikitnya delapan orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka akibat kericuhan di festival musik Astroworld di Texas pada Jumat malam, (5/11). Kehebohan itu terjadi ketika para penggemar naik ke panggung pada malam pembukaan festival musik yang diselenggarakan oleh Travis Scott di Houston.

Dilansir oleh Bloomberg, sekitar 300 orang dirawat karena luka-luka seperti luka dan memar pada acara yang dihadiri 50.000 penonton tersebut.

Kepala Pemadam Kebakaran Houston Samuel Peña memberikan informasi lebih lanjut pada konferensi pers pagi hari di luar NRG Park dan mengatakan sekitar pukul 21:00, kerumunan yang berkumpul untuk pertunjukan rapper Travis Scott mulai mendorong ke depan panggung, menyebabkan kepanikan dan banyak penonton cedera.

Orang-orang mulai jatuh pingsan, dan kekacauan meningkat hingga pukul 21:38 ketika makin banyak korban terdorong dan terinjak. Seorang anak berusia 10 tahun diyakini termasuk di antara mereka yang terluka dalam insiden itu.

"Kerumunan mulai memadat ke arah depan panggung yang memicu kepanikan, dan mulai menyebabkan beberapa orang luka. Orang-orang mulai jatuh, kehilangan kesadaran, dan itu menciptakan kepanikan tambahan," kata Peña.

Hingga saat ini, belum jelas apa yang menyebabkan bencana itu. Pihak penyelenggara Astroworld Festival, Live Nation, menyampaikan permohonan maaf lewat sebuah unggahan di Twitter dan mengatakan bahwa festival lanjutan yang seharusnya diadakan Sabtu (6/11), dibatalkan.

Astroworld adalah festival musik dua hari yang dijadwalkan berlangsung Jumat dan Sabtu di Houston. Tiket untuk cara tersebut sudah terjual habis, menurut situs web Astroworld.
 
Beberapa klip yang dibagikan secara luas di media sosial menunjukkan kerumunan, mengelilingi sejumlah orang yang terbaring lemas di tanah sambil sibuk memanggil petugas kesehatan untuk pertolongan pertama.

Tidak sedikit pula netizen yang menyayangkan sikap penyelenggara festival yang lalai dan tidak segera menghentikan acara ketika kerumunan mulai mendorong penonton ke arah panggung.

"Promotor acara telah mengatur agar unit medis berada di lokasi festival, namun begitu kerumunan dimulai, mereka dengan cepat kewalahan," kata Peña.

Dalam sebuah video yang diposting ke media sosial, Scott terlihat menghentikan konser pada satu waktu dan meminta bantuan untuk penonton: "Keamanan, seseorang tolong bantu. Cepat."

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

4 Lagu Show Me The Money 10 Dominasi Tangga Lagu Domestik Korea Selatan

BERIKUTNYA

Lulus Sensor, Eternals Segera Tayang di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: