Ilustrasi (Photo by Prisma on Unsplash)

5 Jenis Jam Tangan Ini Perlu Kalian Ketahui Loh!

05 November 2021   |   17:05 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Berbelanja jam tangan ternyata bisa lebih rumit dari memilih aksesori lain, seperti sepatu atau tas. Memutuskan untuk membeli yang mana dapat memakan waktu lama karena di luar sana ada terlalu banyak model serta fitur canggih yang perlu dipertimbangkan. Salah satu metode paling populer untuk memilih jam tangan adalah dengan mengenali berbagai jenisnya.

Setidaknya ada lima jenis jam tangan yang tersedia di pasaran, antara lain dress watch, field watch, pilot watch, dive watch dan racing watch. Masing-masing punya karakteristik uniknya.

Jika Genhype sedang dalam petualangan mencari jam tangan yang cocok, memahami jenis dan fungsinya dapat mempersempit lingkup pencarian.

Hypeabis.id akan membantu kalian dengan penjelasan untuk setiap jenis jam tangan berikut ini.

1. Dress Watch

Daniel Wellington Bristol Watch. (Dok. Daniel Wellington)

Daniel Wellington Bristol Watch. (Dok. Daniel Wellington)

Dress watch adalah model yang paling sederhana dan paling elegan dari semua jenis jam tangan. Modelnya yang minimalis dirancang untuk dipasangkan dengan sempurna dengan berbagai gaya jas, jaket, dan pakaian formal lainnya. 

Alasan utama mengapa orang membeli dress watch adalah untuk terlihat bagus dalam pakaian formal. Produk-produk ini umumnya berukuran kecil, elegan, dengan estetis sederhana. Adapun tali pada dress watch hanya berupa tali kulit, silver case dengan desain free dial.

2. Field Watch
 

Citizen Chandler Eco-Drive. (Dok Citizen Watch)

Citizen Chandler Eco-Drive. (Dok Citizen Watch

Asal usul arloji ini datang dari medan perang. Field watch atau military watch mulai meningkat popularitasnya setelah peran penting jam tangan di kedua Perang Dunia. Tidak seperti di masa lalu, di mana mengatur koordinasi serangan sulit dilakukan, tentara dalam perang ini semuanya dilengkapi dengan jam tangan.

Perkembangan ini membuat manuver di seluruh medan perang menjadi lebih mudah. Fitur pada field watch dibuat dengan mempertimbangkan ketahanan dan utilitas. Jam ini memiliki dial yang mudah dibaca, terbuat dari bahan yang kokoh, dan sering kali memiliki berbagai fitur tambahan yang berguna.

3. Pilot Watch
 

Cartier Santos. (Dok. Cartier)

Cartier Santos. (Dok. Cartier)

Pilot warch lahir dari kebutuhan angkatan udara di tengah perang dunia. Tahun 1904, atas permintaan temannya, seorang pilot Brazil, Alberto Santos-Dumont, Louis Cartier membuat jam tangan Cartier Santos guna memberikan gawai yang dapat diandalkan untuk menunjukkan waktu tanpa harus melepas tangan dari kendali pesawat.

Bagi banyak pilot, jam tangan adalah komputer pertama yang mereka miliki di dalam pesawat. Pilot watch memiliki fitur khusus, yakni kronograf, yang berfungsi seperti stopwatch kecil pada jam. Secara estetis, pilot watch mirip dengan field watch.

4. Dive Watch
 

Rolex Submariner. (Dok. Rolex)

Rolex Submariner. (Dok. Rolex)

Sesuai dengan namanya, jam tangan ini dibuat dengan inspirasi yang datang dari para petualang, khususnya penyelam. Hasilnya adalah jam tangan yang dapat menahan tekanan luar biasa di dalam air, tahan karat serta memiliki rangka yang kuat.

Desain dive watch juga cukup menarik dengan bezel pada jam tangan yang punya tampilan sporty. Rolex Submariner, misalnya, merupakan salah satu dive watch paling ikonik sepanjang masa.

5. Racing Watch
 

Tag Heuer Men's Formula 1 Chronograph Watch. (Dok. Tag Heuer)

Tag Heuer Men's Formula 1 Chronograph Watch. (Dok. Tag Heuer)

Produk satu ini punya desain yang cenderung mencolok dan mengemas banyak informasi dalam satu jam tangan. Salah satu fitur paling umum pada racing watch adalah tachymeter, yang bisa mengonversi kecepatan ke dalam waktu atau sebaliknya.

Sebagian besar racing watch juga memiliki kronograf yang menambah fungsi dan daya tarik. Arloji ini sangat cocok untuk Genhype yang menyukai balap atau kalian yang menginginkan jam tangan yang dapat menarik perhatian banyak orang. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Riot Games x Epic Games, Karakter Utama Arcane Hadir dalam Game Fortnite

BERIKUTNYA

Begini Strategi Perusahaan Agar Karyawan Nyaman Kembali Bekerja di Kantor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: