Ilustrasi truk dengan mesin diesel (dok: Unsplash/Ricardo Gomez Angel)

Mudah! Simak 5 Cara Penambah Tenaga Mesin Diesel Ini

02 November 2021   |   13:00 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Mobil bermesin diesel masih menjadi pilihan yang unggul saat ini, terutama saat dikendarai di kondisi jalan yang tidak stabil. Ketika mulai turun, penambahan tenaga mesin diesel pun sangat mudah dilakukan. Itulah yang membuat beberapa orang masih menggemari mobil diesel.

Kalau mobil diesel sering dikendarai di jalanan, sudah jelas performanya kian menurun. Tenaganya pun tidak sebesar dibandingkan saat pertama kali mengendarainya.

Kalian yang memiliki mobil diesel pasti mulai memikirkan seribu cara untuk menambah performa dan tenaga mesin diesel sehingga tetap kencang saat dikendarai.

Sebenarnya, tidak ada tips atau rahasia sulit dalam menambah tenaga mobil bermesin diesel. Apalagi jika mobil diesel yang dimiliki sudah ‘berumur’, kalian bisa sekedar mengganti beberapa komponen yang sudah tua dengan yang baru sehingga semakin kencang saat digunakan. 

Sekadar membersihkan komponen yang kotor dan berkarat pun bisa meningkatkan tenaga mesin diesel sehingga performanya semakin mantap.

Inilah empat cara penambah tenaga mesin diesel yang bisa kalian terapkan sendiri tanpa harus ke bengkel mengutip Auto2000.
 

1. Lakukan kalibrasi ulang

Kalibrasi ulang pompa injeksi dilakukan untuk mengatur penggunaan solar sehingga performanya lebih meningkat. Setelahnya, tambah pasokan bahan bakar sekitar 5-10% sehingga penggunaan mesin diesel pun menjadi lebih optimal.

Jangan lupa setel ulang bagian klep atau celah katupnya sehingga lebih rapat dan tidak ada bensin yang keluar.

Kalibrasi ulang dan penambahan suplai bahan bakar ini bisa menghasilkan tenaga mesin diesel yang lebih besar. Mobil diesel pun jadi lebih kencang saat dikendarai di kondisi jalanan apapun.

(Baca juga: Daftar Bengkel untuk Uji Emisi Mobil di Jakarta)
 

2. Bersihkan filter udara

Pembersihan filter udara juga merupakan salah satu cara menambah tenaga mesin diesel yang jitu untuk dilakukan. Alasannya, filter udara memiliki fungsi yang penting, yaitu memasok udara yang masuk ke dalam silinder mesin.

Agar bisa bergerak dengan maksimal, mesin diesel membutuhkan udara yang bersih dalam proses pembakaran solarnya. Filter udara yang kotor bisa menghambat masuknya udara bersih, yang nantinya berpengaruh pada kualitas pembakaran yang dihasilkan.

Segera bersihkan atau ganti dengan yang baru sehingga hasil pembakaran dalam silinder mesin menghasilkan tenaga mesin diesel yang lebih kencang.
 

3. Bersihkan filter bahan bakar

Selain filter udara, filter bahan bakar juga harus dibersihkan agar mesin diesel bekerja dalam kondisi prima. Filter bahan bakar pun memiliki bahan bakar yang sama dengan filter udara, yaitu menyaring bahan bakar sehingga tetap bersih.

Pasalnya, bahan bakar yang kotor bisa merusak komponen di dalamnya, seperti injection pump dan injector nozzle. Jadi, bersihkan filter bahan bakar apabila sudah kotor atau ganti juga dengan yang baru sehingga bahan bakar yang digunakan tetap steril dan keamanan komponen mesin diesel tetap terjaga.
 

4. Lakukan servis secara berkala

Langkah terakhir untuk menambah tenaga mesin diesel adalah melakukan servis secara berkala. Jangan salah, melakukan servis mesin diesel yang ditangani oleh ahlinya bisa meningkatkan tenaga dan kinerja mesin diesel tersebut.

Saat melakukan servis, mobil diesel seluruh komponennya, mulai dari tekanan ban hingga kualitas bahan bakarnya. Mobil diesel pun jadi siap dikendarai lagi, bahkan bisa dibawa berkelana melewati medan jalan dengan lancar.

SEBELUMNYA

Yuk Simak Cara Mengatur Cicilan Mobil yang Efektif & Baik

BERIKUTNYA

Adele Merilis Daftar Lagu dalam Album Terbarunya Bertajuk 30

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: