Ilustrasi mobil bermesin diesel (dok: Unsplash/Tyler Lastovich)

Kenali Gejala Mesin Mobil Diesel 'Masuk Angin' & Tidak Mau Hidup

29 November 2021   |   11:55 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Pengguna mobil diesel, khususnya untuk mobil dengan mesin diesel konvensional yang sudah berusia di atas tiga sampai lima tahun, mungkin kerap sulit menghidupkan mobilnya pada pagi hari. Penyebabnya ada bermacam-macam, salah satunya adalah karena 'masuk angin'.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa mobil diesel memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin. Selain dari sisi bahan bakar diesel dan perawatan, situasi lain yang membedakan adalah dari segi permasalahannya.

Tak perlu berpanjang lebar, berikut ini adalah informasi mengenai penyebab mesin diesel yang masuk angin dan juga berbagai macam faktor yang menyebabkan mesin mobil diesel tidak bisa berfungsi menurut Toyota Auto2000.


1. Gejala masuk angin 


Penyebab mobil mesin dengan bahan bakar diesel yang tidak mau hidup ini memang banyak, tapi paling sering kejadian akibat sisa udara yang masuk ke dalam saluran sistem bahan bakar atau biasa disebut gejala masuk angin pada mobil.

Kenapa udara bisa sampai masuk ke dalam saluran ruang bakar atau tangki bahan bakar? Gejala masuk angin ini biasanya disebabkan ketika sedang melakukan proses penggantian filter solar, bahan bakar diesel.

Udara terkompresi, sehingga ketika pompa bahan bakar solar itu bekerja, tekanan yang dikeluarkan hanya untuk udara saja dan bikin tekanan untuk yang bahan bakar jadi drop. Dengan kondisi tersebut otomatis bahan bakar tidak keluar yang membuat mesin susah hidup saat proses start.

Saat ada udara yang terperangkap di dalam saluran bahan bakar, tekanan yang dihasilkan mesin hanya akan mengeluarkan udara yang sebelumnya masuk ke dalam tangki. Bisa terjadi ketika proses penggantian filter, ataupun ketika bahan bakar diesel di tangki mobil kosong atau sudah sedikit, sehingga udara tersedot pompa injeksi.

Kondisi ini akan membuat bahan bakar tidak bisa keluar, sehingga tidak akan bisa memberikan suplai bahan bakar yang cukup untuk menyalakan mesin.
 

2. Udara terjebak dalam saluran bahan bakar 


Jadi saat mobil diesel mulai sulit dihidupkan ketika pagi hari, salah satu penyebabnya adalah udara yang terjebak dalam saluran bahan bakar. Tidak hanya itu, mesin bisa hidup, namun udara masih ada di ruang pembakaran sehingga akan tetap menimbulkan masalah lain.

Biasanya performa mobil akan turun, seperti gejala mobil yang tekanan kompresi berkurang. Tarikan mobil juga menjadi berat yang membuat asupan bahan bakar menjadi lebih boros. Sampai paling fatal, bisa membuat mobil tiba-tiba mogok ketika digunakan.
 

3. Busi pijar bermasalah 


Kalau busi pijar bermasalah, ini menjadi faktor yang cukup rumit bagi kendaraan mobil. Bisa saja usia pemakaian busi pijar yang sudah terlalu lama sehingga tidak bisa menginjeksikan kembali solar untuk mencapai titik bakar. Ini bisa disebabkan karena usia mesin busi pijar, atau timing yang error pada busi pijar. 


4. Masalah pada turbocharger 


Jika underboost, atau udara menurun dikarenakan turbo vane tidak terbuka. Ini bisa menjadi masalah juga yang menyebabkan tekanan udara tidak stabil. Biasanya terjadi pada mobil-mobil diesel yang menggunakan teknologi turbo. Ini sering terjadi pada mobil SUV. 
 

5. Tekanan kompresi yang rendah 


Proses pembakaran adalah hal yang paling diutamakan pada mobil diesel. Jika, proses pembakaran tidak sempurna karena tekanan kompresi menurun saat pemadatan, maka inilah penyebab mobil diesel tidak mau hidup. 

Mengapa demikian? Karena jumlah udara yang ada pada ruang silinder berkurang. Ini bisanya terjadi karena timbul keausan pada ring kompresi dan bisa jadi mesin seal injektor rusak.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Mitigasi Varian Omicron, Pemerintah Batasi Akses WNA dari 11 Negara

BERIKUTNYA

6 Film Indonesia yang Tayang di Bioskop Desember 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: