Ilustrasi pembayaran kredit (dok: Unsplash/Towfiqu barbhuiya)

Yuk Simak Cara Mengatur Cicilan Mobil yang Efektif & Baik

02 November 2021   |   10:26 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Solusi untuk membeli mobil dengan cara kredit menjadi pilihan banyak orang sekarang ini, meskipun membeli mobil dengan tunai tentunya akan jauh lebih murah. Sebab, tak bisa dimungkiri ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan membeli mobil secara kredit.

Di sisi lain, membeli mobil dengan cara kredit juga berpotensi mengganggu keuangan kalian apabila tidak diperhitungkan dengan baik. Membeli mobil dengan cara tersebut dibebani oleh bunga cicilan yang bervariasi tergantung tenor pinjaman dan perusahaan pembiayaannya.

Namun, jika kalian tidak memiliki uang untuk membeli mobil secara tunai, mau tidak mau pilihannya dengan kredit. Terdapat beberapa cara agar kalian bisa mencicil mobil dengan efektif dan juga menjaga keuangan tetap aman. 

Baca jugaTip Mengelola Cicilan, Biar Kesehatan Finansial Tetap Terjaga

Berikut ini adalah cara mengatur cicilan motor dan panduan dari Mobil88 apa yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil dengan cara kredit agar keuangan tidak jebol. 
 

1.Pilih mobil yang tepat

Saat ingin membeli mobil, pastikan mobil yang sesuai dengan kebutuhan kalian dan juga kondisi keuangan. Janganlah membeli mobil hanya berdasarkan gengsi atau biar terlihat keren.

Jika begitu, nantinya kalian jadi kesulitan dalam membayar cicilan kreditnya.
 

2. Cek harga pasaran mobil

Kalau sudah ada incaran mobil yang ingin dibeli, kemudian cari tahu harga pasaran mobil tersebut.

Kalian bisa cek dengan cara mengunjungi dealer mobil, melalui lewat situs resmi pabrikan, atau melalui perusahaan pembiayaan. Di sana kalian bisa menghitung simulasi berapa besaran uang muka beserta cicilan per bulan dengan tenor yang kamu pilih.
 

3. Tentukan perusahaan pembiayaan

Untuk pembelian secara kredit, banyak pilihan yang tersedia, baik melalui perusahaan pembiayaan atau kredit melalui bank. Masing-masing pilihan ini memiliki keunggulan serta kekurangan masing-masing yang bisa kalian perhitungkan untung ruginya.
 

4. Siapkan uang muka dan biaya lain

Setelah kalian menentukan sumber pembiayaan, tentunya kamu harus menyiapkan uang muka. Sekarang ini kisaran uang muka untuk pembelian mobil secara kredit di kisaran 20 sampai 30 persen dari harga jual.

Jika dana tersedia, sebaiknya pilih untuk membayar uang muka melebihi batas minimum yang ditentukan tersebut, tujuannya agar cicilan per bulan bisa lebih murah dan juga akan lebih cepat lunas. Dengan begini maka keuangan kamu tak terganggu oleh besaran cicilan.
 

5. Pilih tenor kurang dari lima tahun

Besaran cicilan kredit juga ditetapkan oleh bunga dan tenor atau periode waktu kredit yang kamu tentukan. Pastikan tenor yang ditentukan tak melebihi usia ekonomis mobil itu, biasanya sampai mobil masuk usia lima tahun.

Pada tahun kelima umumnya kalian harus menyiapkan biaya servis untuk perawatan berkala yang lebih besar. Jika kalian masih mencicil maka tentunya akan membuat pengeluaran bulanan kamu jadi lebih besar.

Kalau dana kamu belum cukup untuk beli mobil baru, dan dengan cara kredit malah membuat pengeluaranmu berat solusinya adalah dengan membeli mobil bekas. 

Baca jugaMau Beli Mobil Bekas? Simak Dulu 5 Hal Berikut Ini

Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Keren! Band Metal Asal Garut, Voice of Baceprot, Gelar Tur Musik di Eropa

BERIKUTNYA

Mudah! Simak 5 Cara Penambah Tenaga Mesin Diesel Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: