Ilustrasi (Dok. mentatdgt/Pexels)

Tips Merawat Kulit Tetap Sehat & Lembap untuk Hijaber

25 October 2021   |   18:41 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu perawatan kulit yang perlu dilakukan setiap hari adalah penggunaan pelembap. Setiap orang perlu melakukan hal ini untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, mencegah penuaan dini dan kerutan, terutama untuk para perempuan berhijab. Itu dikarenakan penguapan keringat di permukaan kulit para hijaber lebih terbatas.

Dokter Dermatologi, Irmadita Citrashanty, mengatakan kebutuhan merawat kulit untuk para hijaber dengan yang tidak memang agak sedikit berbeda, tetapi pada prinsipnya keduanya penting untuk menjaga kelembapan kulit.

Dokter Irma mengatakan bahwa pada kulit terdapat kadar air dan lemak yang seiring bertambahnya usia, itu akan selalu mengalami pengurangan, sehingga jika itu tidak ditangani secara efektif akan membuat kulit cenderung kering dan menimbulkan masalah seperti terjadinya penuaan dini, keriput, dan rentan muncul dark spot atau noda hitam.

“Sering ada anggapan bahwa para hijaber tidak perlu menggunakan pelembap karena sudah tertutup, ini persepsi yang salah,” katanya dalam suatu diskusi virtual, baru-baru ini.

(Baca juga: Yuk Intip Kreasi Hijab Hasil Kolaborasi Citra Kirana dengan Deyn Scarf)

Menurutnya, sekalipun seseorang tidak melakukan aktivitas, kulit akan selalu mengalami evaporasi atau penguapan. Dia juga menemukan bahwa alasan para hijaber enggan menggunakan pelembap kulit adalah rasa lengket dan gerah yang muncul karena proses evaporasi yang tertutup baju, sehingga pengeluaran keringat menjadi terbatas.

“Masalah lain yang saya temukan di para hijaber, karena keringatnya itu numpuk di bawah baju, seringkali menimbulkan bau badan yang kurang sedap itu yang akhirnya membedakan kebutuhan perawatan kulit para hijaber dengan yang tidak,” imbuhnya.

 

f

Ilustrasi (Dok. monstera/Pexels)

Untuk merawat kulit, Dokter Irma menyarankan kepada para hijaber untuk menggunakan pelembap yang fungsi utamanya menjaga kelembapan kulit. Hal itu bertujuan untuk menggantikan kadar air yang mengalami evaporasi agar kulit tidak kering.

“Usahakan mencari pelembap yang memiliki formulasi memberikan kenyamanan untuk digunakan sehari-hari, pastikan tidak lengket dan membuat gerah,” ucapnya.

Selain itu, usahakan cari pelembap yang mudah menyerap seperti serum agar formulasinya mudah menyerap dan bahan aktif yang terkandung lebih terkonsentrat, sehingga efektivitas terhadap kulit menjadi lebih baik.

Waktu terbaik untuk  memakai pelembap adalah setelah mandi ketika keadaan kulit masih lembap dan belum kering. Hal itu bertujuan agar kadar air yang tersisa pada kulit bisa mengoptimalkan repairing gelly sehingga membantu mencegah proses evaporasi pada kulit.

“Perawatan kulit itu sesungguhnya investasi jangka panjang karena penuaan itu tidak bisa dicegah sama sekali tetapi yang bisa kita lakukan adalah memperlambat hal itu,” tutupnya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Inggris Waspadai Donovanosis, Penyakit Menular Seksual 'Pemakan' Jaringan Genital

BERIKUTNYA

NCT 127 Jadi Vampir Melankolis di Video Klip Favorite (Vampire)

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: