Ilustrasi mengemudi (dok: Unsplash/Dan Gold)

Jangan Panik, Begini Tips Mengemudi yang Aman di antara Kendaraan Besar

25 October 2021   |   09:27 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Mengemudi mobil di jalan raya tentunya bukan hanya akan bertemu dengan kendaraan dengan dimensi serupa. Kita tentunya bisa saja bertemu dengan kendaraan berdimensi besar seperti bus atau truk. Bagi sebagian orang, terutama buat yang baru belajar mengemudi, bertemu dengan bus atau truk di jalan raya menjadi momok tersendiri.

Tidak bisa dipungkiri jika keduanya kerap menjadi penyebab dari kecelakaan fatal yang menewaskan penumpang atau pengemudi mobil kecil.  Namun, kalian tak perlu terlampau khawatir. Karena kalian bisa mengurangi potensi bahaya jika memahami dan mampu mengemudi dengan baik ketika bersebelahan dengan bus atau truk

Hal pertama yang perlu kalian ketahui dan terapkan ketika ada kendaraan besar dekat mobil saat jalan adalah menjaga jarak aman. Jika Anda di belakangnya, jangan beri jarak yang terlalu dekat.

Beri ruang berjarak dua sampai tiga mobil dengan bus atau truk yang ada di depan. Jika bersebelahan, pastikan kalian berada di sisi kanannya, karena kendaraan besar, terutama truk biasanya berjalan dengan kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan kecepatan rata-rata mobil kecil.

Adanya jarak aman berguna untuk memberikan ruang pengereman atau menghindar jika terjadi manuver dan kondisi berbahaya. Terlebih pada kendaraan seperti truk memiliki jarak pengereman yang tidak seperti mobil pribadi.

Selanjutnya adalah jangan pernah mendahului dari sisi kiri. Sebab kendaraan besar tersebut akan sangat sulit memantau posisi mobil yang lebih kecil yang mendahului dari sisi kirinya.

Hal ini akan sangat berbahaya. Mendahului truk kontainer dari kiri berpotensi tabrakan samping dan tabrakan beruntun. Terlebih jalur kiri yang digunakan adalah bahu jalan, hal itu tidak diperbolehkan.

Jika hendak mendahului, pastikan gunakan dari sisi kanan truk tersebut. Beri tanda sein, lampu atau klakson agar pengemudi truk kontainer mengetahui keberadaan kalian yang hendak mendahului.

Namun sebelum mendahului, pastikan pula marka jalan dan kondisi memungkinkan untuk manuver. Bila marka jalan tidak putus-putus artinya Anda tidak diperkenankan mendahului sampai ada marka putus.

Pastikan pula kondisi kendaraan dari arah berlawanan atau arah belakang dalam kondisi aman untuk mendahului. Jika memang ada rambu larangan untuk mendahului maka patuhi selalu. Sebab mendahului kendaraan besar tak seperti mendahului kendaraan kecil. Kalian perlu akselerasi yang baik karena dimensi kendaraan tersebut tergolong panjang.

Itulah sejunlah hal yang perlu kalian terapkan ketikan mengemudi bersampingan atau dekat dengan truk kontainer. Ketika telah menerapkan itu semua, tak perlu takut lagi. Namun tetap selalu waspada dan fokus.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Clapback Jungkook BTS Balas Haters saat Konser Online Permission to Dance

BERIKUTNYA

Awas, Ngebut saat Hujan Bisa Celaka Akibat Aquaplanning

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: