dok. Polina Tankilevitch dari Pexels

Waspada ya Moms, 6 Penyakit Ini Lebih Menular pada Anak

24 October 2021   |   15:45 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Moms harus berhati-hati ya karena anak-anak memiliki resiko terserang berbagai penyakit menular. Beberapa dari penyakit tersebu bahkan bisa sangat berbahaya dan mematikan loh moms. Apalagi daya tahan tubuh anak-anak yang masih lemah dan rentan terhadap penyakit.
Nah, untuk diwaspadai oleh para ibu, setidaknya ada enam jenis penyakit serius yang bisa menyerang bayi, apa saja itu? Berikut Hypeabis merangkumnya dari berbagai sumber.
 

1. Difteri

Difetri ini merupakan salah satu jenis penyakit serius yang menyebabkan tenggorokan sakit dan membengkak. Penyakit ini membuat bayi sulit bernapas.
 

2. Tetanus

Tetanus sendiri dapat menyebabkan kekakuan otot dan kejang-kejang. Tetanus disebabkan oleh racun yang dihasilkan dari bakteri di dalam tanah.
 

3. Batuk rejan atau pertussis

Ini merupakan jenis batuk hebat yang terus menerus. Sangat menular dan mudah menyebar, bayi dan anak-anak adalah usia rentan untuk kasus kematian akibat pertussis.
 

4. Hepatitis B

Hepatitis B ini merupakan penyakit infeksi pada hati yang diakibatkan oleh virus hepatitis B.
 

5. Polio 

Polio merupakan penyakit yang sangat menular, bisa menyebabkan kelemahan otot dan dapat menyebabkan kelumpuhan seumur hidup.
 

6. Haemophilus influenza tipe B atau HIB

Penyakit yang disebabkan bakteri Haemophilus influenza tipe B dan dapat menyebabkan kecacatan seumur hidup. Anak di bawah usia 5 tahun paling beresiko. Meningitis atau radang selaput otak merupakan penyakit paling umum disebabkan oleh HIB.

Dokter Spesialis Anak Piprim Basarah Yandarso mengatakan virus dari penyakit-penyakit ganas tersebut hanya dapat dicegah dengan vaksinasi.

Dia menganalogikan dengan menyuntik vaksinasi, maka pasukan bersenjata di dalam tubuh siap membentuk kekebalan ketika terserang bakteri jahat penyebab penyakit.

Berbeda dengan pengobatan herbal yang hanya dapat bertahan namun tidak membentuk kekebalan tubuh sehingga anak rentan terserang penyakit menular yang mematikan tersebut.

Editor Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Kursi Puff, Furnitur Pelengkap dengan Fungsi Beragam

BERIKUTNYA

Mitos dan Fakta Seputar Imunisasi Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: