Ilustrasi mesin sepeda motor (dok: Suzuki Indonesia)

5 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Bau Sangit yang Wajib Diwaspadai

14 October 2021   |   11:45 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Setiap mesin kendaraan bermotor menciptakan panas berlebih karena adanya pembakaran. Hanya, jika mesin sepeda motor cepat panas hingga overheat tentu akan sangat berbahaya. Mesin yang cepat panas biasanya akan diikuti dengan munculnya bau sangit dari bagian mesin. Bau tersebut bisa juga berasal dari asap knalpot sepeda motor yang mengepul berwarna putih atau hitam. 

Mesin motor yang overheat menandakan ada masalah pada sistem pembakaran dan pembuangannya. Apabila hal ini dibiarkan maka akan menimbulkan beberapa kerusakan yang cukup berbahaya bagi komponen mesin sepeda motor kalian. 

Mengenali penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit sejak awal menjadi solusi terbaik karena kalian bisa dengan mudah memperbaikinya. Perlu diingat juga bahwa perbaikan harus dilakukan di bengkel resmi terdekat supaya tidak salah penanganan. 

Mengutip Suzuki Indonesia, berikut ini adalah  beberapa penyebab cepat panasnya mesin motor sampai mengeluarkan bau sangat yang harus diwaspadai. 
 

Kebocoran Oli Mesin

Penyebab pertama mengapa mesin cepat panas dan munculnya bau sangit adalah kebocoran oli mesin yang terjadi di beberapa bagian mesin. Oli yang bocor akan mengenai bagian luar mesin yang panas sehingga akan menimbulkan bau sangit terbakar. 

Ada beberapa penyebab yang menimbulkan kebocoran oli. Pertama adalah bocornya seal oli mesin. Bagian ini akan cepat rusak ketika jumlah oli mesin yang dituang berlebihan.

Kedua adalah seal oli dipasang dengan cara yang salah. Pemasangan yang tidak sesuai dengan dudukan seal membuat permukaannya tidak rata dan menciptakan celah. 

Ketiga, seal oli ini memiliki masa pakai.  Ketika seal sudah tidak bisa menutup dengan rapat sudah pasti oli akan bocor. Penting sekali untuk memeriksa bagian seal oli ini pertama kali ketika Anda menemukan kebocoran oli setelah mencium bau sangit dari arah mesin. 

Penyebab kerusakan ini bisa terjadi pada motor matic atau motor dengan mesin karburator. 
 

Kerak di Ruang Bakar

Apabila ternyata setelah dicek seal oli tidak bermasalah, maka penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit bisa terjadi di ruang bakar. Ketika Anda menggunakan bahan bakar beroktan rendah, maka resiko kerak muncul akan lebih cepat. 

Bekas pembakaran yang tidak sempurna karena komponen bahan bakar beroktan rendah atau karena udara yang masuk kotor bisa menimbulkan kerak. Apabila kerak dalam ruang bakar sudah menumpuk akan membuat pembakaran jadi bermasalah. 

Akibatnya tentu saja mesin menjadi cepat panas karena kompresi meningkat. Kerak di bagian area katup buang akan menciptakan celah. Bahan bakar pun bisa keluar melalui knalpot.  
 

Mesin Bekerja Terlalu Lama

Apakah setiap hari Anda melalui area yang macet dan perjalanan cukup jauh? Jika hal ini terjadi setiap hari, maka mesin akan bekerja lebih ekstra lagi. Mesin pun akan jadi cepat panas.  Panas yang berlebihan mempercepat oli merembes keluar mesin baik itu pada silinder head maupun saluran gas buang. Anda pun akan melihat asap knalpot berubah menjadi putih ditambah dengan bau sangit.  Hal ini sering terjadi pada motor yang sehari-hari harus bekerja melalui ratusan kilo. 
 

Beban Berlebih

Penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit yang selanjutnya adalah pengaruh jumlah beban yang harus diangkut. Setiap sepeda motor memiliki kapasitas muatan yang berbeda-beda. 

Sayangnya masih banyak pengguna yang memanfaatkan motor untuk mengangkut beban yang lebih dari kapasitasnya. Belum lagi medan yang dilalui adalah jalanan tanjakan yang membuat mesin bekerja cukup keras. 

Ketika hal ini terjadi, maka beban piston semakin besar untuk naik dan turun. RPM mesin lama kelamaan juga akan menurun walaupun katup gas ada di posisi yang sama. Panas akibat pembakaran pun akan meningkat yang menghasilkan overheat.  
 

Kampas Kopling Bermasalah 

Terakhir adalah masalah pada kampas kopling yang sudah aus. Masih banyak pemilik kendaraan yang terus memaksakan kendaraannya untuk berjalan meskipun kampas kopling sudah aus. Padahal ini bisa menjadi penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit. 

Lama kelamaan kampas kopling pun akan menjadi hangus. Komponen ini perlu diperbaiki jika kalian tidak ingin mencium bau sangit lagi. 

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

5 Tips Menikmati Hidup di Usia 20 Tahunan

BERIKUTNYA

Mengenal Apa itu JDM dalam Dunia Otomotif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: