Produk fesyen Jabar (dok.gonegani)

Penjualan Produk Fesyen UMKM Jabar Naik 2 Kali Lipat

13 October 2021   |   11:37 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Produk fesyen buatan usaha kecil  kian diminati oleh masyarakat Indonesia. Nah, salah satu daerah yang terbilang cukup banyak melahirkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang fesyen adalah Jawa Barat. Ini sejalan juga dengan data internal dari Tokopedia bahwa Jawa barat menjadi salah satu daerah yang mengalami peningkatan pesat dari sisi jumlah penjual. 

Di sisi lain, ternyata jumlah transaksi UMKM fesyen di Jawa Barat juga meningkat hampir dua kali lipat selama kuartal III/2021 dibandingkan dengan kuartal III/2020. 

Senior Lead Fashion Tokopedia, Aldhy Darmayo mengatakan bahwa kategori fashion adalah salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada kuartal III/2021 di Jawa Barat.

Animo tinggi dari masyarakat ini kemudian melatarbelakangi Tokopedia menjalin kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat (Dekranasda Jabar) untuk meluncurkan Festival Fashion Lokal Jawa Barat.

 “Festival ini adalah turunan dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat demi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Kami berharap produk lokal semakin menjadi pilihan utama masyarakat dan UMKM - termasuk yang bergerak di industri fesyen - bisa meraja di negeri sendiri,” ungkapnya.

Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya, mengapresiasi Tokopedia yang telah memberikan panggung bagi para pelaku UMKM fesyen di Jabar lewat Festival Fashion Lokal. 
“Melalui festival ini, produk fesyen buatan UMKM Jabar bisa dengan mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia di mana pun berada,” ujarnya.

Festival Fashion Lokal Jawa Barat diikuti oleh banyak UMKM Jabar, termasuk Nayara, Ame Raincoat dan Gonegani. Hingga 28 Oktober 2021, masyarakat bisa mendapat produk fesyen terkurasi buatan UMKM Jabar dengan beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, flash sale dan lain-lain.

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

IBM Kenalkan Solusi Berbasis AI untuk Bantu Penanganan Risiko Iklim

BERIKUTNYA

BTS & Katy Perry Bakal Lelang Kostum yang Dipakai di Grammy Awards

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: