Fitur baru Instagram, beritahu pengguna masalah yang terjadi (Instagram)

Instagram Uji Fitur Baru, Pengguna Bakal Dikabari tentang Gangguan Teknis

12 October 2021   |   19:23 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jejaring media sosial Instagram sedang menguji coba fitur baru yang bakal memperingatkan penggunanya ketika layanan tersebut mengalami gangguan teknis tertentu. Nantinya, informasi soal gangguan tersebut akan disampaikan di Activity Feed.

Hal itu diumumkan oleh Instagram melalui pemberitahuan di laman resminya. Ini hanya beberapa hari berselang, setelah layanan Facebook Group—termasuk Instagram, WhatsApp, Facebook, dan Messenger—mengalami gangguan hingga 6 jam.

(Baca juga: Ini alasan layanan Facebook Group sempat down beberapa jam)

Instagram menyebut bahwa kehadiran tersebut akan menjadi jawaban dari keadaan membingungkan dan banyak pertanyaan dari para pengguna, ketika ada masalah sementara yang terjadi di dalam platform.

"Kurangnya kejelasan bisa membuat frustrasi, itulah sebab kami ingin pengguna lebih mudah memahami apa yang terjadi, langsung dari kami," tulis Instagram.

Perusahaan menyebut bahwa fitur tersebut akan memberi tahu pengguna di bagian Activity Feed saat terjadi gangguan atau masalah teknis. Begitu juga saat masalah telah terselesaikan.

Uji coba fitur tersebut akan berlangsung selama beberapa bulan bagi pengguna di wilayah Amerika Serikat. Kendati begitu, seperti pada eksperimen lainnya, fitur tersebut akan dirilis ke pengguna lebih luas.
 

Fitur yang memberitahu masalah di aplikasi (Instagram)

Fitur yang memberitahu masalah di aplikasi (Instagram)


Status Akun

Dalam pengumuman yang sama, Instagram juga menyebut akan memperkenalkan fitur baru bernama Account Status, yang akan memberi tahu pengguna jika konten mereka dilaporkan karena hal-hal yang tidak sesuai dengan kebijakan.

"Kami akan mulai dengan mempermudah orang untuk mengetahui apakah akun mereka berisiko dinonaktifkan," tulis perusahaan.

Instagram juga menyebut dalam beberapa bulan mendatang, mereka akan memberikan informasi lebih detail mengenai fitur terbarunya itu.

Sejauh ini, hanya ada info tentang jika pengguna merasa Instagram melakukan kesalahan, mereka akan bisa melakukan banding dari menu Request a Review langsung dari fitur Account Status.

Selain itu, akan ada informasi lebih banyak tentang bagaimana konten didistribusikan dan direkomendasikan di berbagai bagian Instagram. Hal tersebut dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan pemahaman lebih tentang cara kerja platform itu.
 

Fitus Status Account yang akan diuji coba (Instagram)

Fitus Status Account yang akan diuji coba (Instagram)



Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Deteksi Dini Preeklamsia Jadi Kunci Kurangi Risiko Kematian pada Ibu dan Janin

BERIKUTNYA

Waspada, Preeklamsia pada Ibu Hamil Bisa Sebabkan Kematian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: