Tampilan iOS 15 (Dok. Apple)

Apple Luncurkan Pembaruan iOS 15.0.2, Apa Saja Perbaikannya?

12 October 2021   |   17:46 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat para pengguna perangkat iPhone maupun iPad, ada kabar gembira nih buat kalian. Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 15.0.2 dan iPadOS 15.0.2 yang kabarnya membawa sejumlah perbaikan bug system.

Kehadiran iOS 15.0.2 dan iPadOS 15.0.2 terbilang cepat atau tak berselang lama dari pembaruan sebelumnya. Sebagai catatan, pembaruan iOS 15.0.1 dan iPad0S 15.0.1 diluncurkan pekan lalu oleh Apple, hanya berselang beberapa pekan setelah peluncuran perdana iOS 15 dan iPadOS 15.

Mengutip keterangan resmi Apple, pembaruan iOS 15.0.2 maupun iPadOS 15.0.2 hadir untuk memperbaiki gangguan atau bug yang jumlahnya tak sedikit. Seperti diketahui, beberapa pengguna mengeluhkan sejumlah fitur tak bisa digunakan sebagaimana mestinya setelah mereka memperbarui sistem operasi perangkat miliknya.

Untuk iOS 15.0.2 perbaikan yang dihadirkan oleh Apple meliputi perbaikan fungsi iPhone Leather Wallet with MagSafe yang sebelumnya tidak dapat menggunakan fitur Find My, bug system di CarPlay, hingga masalah Restore iPhone 13 yang dilaporkan kerap gagal.

(Baca juga: Adopsi Awal Sistem Operasi iOS 15 Rendah, Kenapa Ya?)

Kemudian untuk iPadOS 15.0.2, perbaikan yang diberikan oleh Apple tak jauh berbeda. Hanya ada tambahan untuk perbaikan masalah dokumen foto dari Messages yang tiba-tiba hilang, perbaikan untuk AirTag tidak tampil di aplikasi Find My, dan masalah gagal update atau Restore untuk iPad mini 6.

Adapun, pada pembaruan sebelumnya, yakni iOS 15.0.1 dan iOS 15.0.1 Apple memperbaiki masalah respons layar sentuh sekaligus fitur tap to wake. Apple juga memperbaiki masalah kapasitas penyimpanan yang dilaporkan oleh banyak pengguna iPhone lewat pembaruan tersebut.

Tidak hanya itu, Apple juga memperbaiki masalah yang dialami oleh pengguna iPhone 13 ketika akan membuka ponselnya menggunakan Apple Watch. Masalah ini memaksa pengguna untuk terus-menerus memasukkan kode PIN saat berada di tempat umum.

Lantas, apakah pembaruan iOS 15.0.2 dan iPadOS 15.0.2 berpengaruh terhadap performa perangkat, terutama baterai yang sering dikhawatirkan oleh pengguna iPhone maupun iPad setelah memperbarui sistem operasinya?

Berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh Hypeabis menggunakan iPhone SE 2020, tidak ditemukan perubahan performa perangkat setelah pembaruan sistem operasi tersebut. Demikian halnya dengan kesehatan baterai atau battery health, masih sama seperti sebelum pembaruan dilakukan, bertengger di angka 98% setelah pemakaian sekitar enam bulan.

Pembaruan dilakukan secara langsung melalui perangkat atau over the air (OTA)  lewat bagian Settings - General - Software Update. Sebelum melakukan pembaruan pastikan koneksi Wi-FI yang kencang dan stabil serta baterai dalam kondisi di atas 50%.

Khusus untuk iPhone SE 2020, file pembaruan melalui OTA berukuran 495,6MB. Ukuran file tersebut tentunya berbeda-beda untuk setiap perangkat.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Cek 5 Manfaat Lo Han Kuo, Buah Biksu yang Manis

BERIKUTNYA

Baron Legacy Foundation Rilis Pedal Gitar Edisi Terbatas Karya Aria Baron

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: