Lo Han Kuo alias buah biksu (Sumber gambar: Australian School of Meditation & Yoga)

Cek 5 Manfaat Lo Han Kuo, Buah Biksu yang Manis

12 October 2021   |   17:28 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kamu pernah dengar buah biksu atau lo han kuo? Buah yang berasal dari China Selatan dan diberi nama sesuai nama biksu yang menemukannya ini memiliki beragam manfaat kesehatan loh. Ekstraknya 150-250 kali lebih manis dari gula meja, tidak mengandung kalori dan karbohidrat, serta tidak meningkatkan kadar glukosa darah.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pun menyatakan buah biksu makan dikonsumsi, termasuk wanita hamil dan anak-anak. Buah ini bisa diolah menjadi teh, atau menjadi campuran kopi, smoothie, yogurt, dan oatmeal atau sereal.

Penasaran manfaatnya apa saja, berikut manfaat buah lo han kuo di antaranya:
 

1. Aman untuk diabetes

Rasa manis buah biksu berasal dari senyawa alami yang disebut mogrosida. Buah lo han kuo umumnya aman bagi penderita diabetes karena tidak meningkatkan gula darah. 

Kendati demikian, kamu perlu hati-hati dengan makanan dan minuman yang dimaniskan dengan buah lo han kuo, karena biasanya ditambahkan gula dan bahan lain yang meningkatkan jumlah karbohidrat, kalori, atau mempengaruhi sensitivitas insulin.

Oleh karena itu penting untuk membaca tabel kemasan dari produk berbahan dasar buah lo han kuo sebelum mengonsumsinya.
 

2. Menurunkan berat badan

Buah lo han kuo tidak memiliki kalori, karbohidrat, atau lemak, jadi ini bisa menjadi pilihan yang bagus bagi siapa saja yang sedang mengecilkan lingkar pinggang. Kamu dapat menghemat banyak kalori dan karbohidrat hanya dengan mengganti gula dengan pemanis buah biksu. 

Sekali lagi, pastikan produk buah lo han kuo yang dikonsumsi tidak mengandung gula tambahan ya.
 

3. Sifat anti-inflamasi

Menurut sebuah studi 2011, ekstrak buah lo han kuo telah digunakan pada pengobatan China selama berabad-abad untuk membuat minuman panas yang meredakan sakit atau radang tenggorokan dan mengurangi dahak. 

Mogrosida buah dikatakan anti-inflamasi, dan dapat membantu mencegah kanker serta menjaga kadar gula darah tetap stabil. 
 

4. Anti-inflamasi dan anti-fibrotik

Mogroside pada buah biksu dipuji karena karakteristik antioksidannya yang melindungi tubuh dari kerusakan jaringan oleh radikal bebas, si sumber peradangan.

Tidak seperti obat anti-inflamasi yang datang dengan efek samping seperti kerusakan hati, buah biksu memberikan alternatif yang aman dengan sifat mogrosidenya.

Buah biksu juga dapat bertindak sebagai senyawa anti-fibrotik yang potensial karena penelitian menunjukkan bahwa lo han kuo dapat mengendalikan peradangan dan jaringan parut di paru-paru.
 

5. Melawan infeksi dan mencegah gagal ginjal

Karena agen mikroba alaminya, buah lo han kuo menghambat pertumbuhan mikroba yang tidak diinginkan dengan memberikan sifat anti-mikroba yang membantu menjaga keseimbangan bakteri yang benar di usus.

Misalnya, gula dan pemanis buatan memberi makan usus dengan bakteri yang tidak ramah dan patogen seperti Candida albicans sedangkan gula dari buah biksu mempromosikan usus yang sehat dengan menyediakan bakteri ramah seperti L. casei, B. bifidum, L. salivarius, dan L. acidophilus.

Oleh karena itu, lo han kuo efektif dalam menekan lonjakan resistensi antibiotik. Buah ini juga menghambat kelebihan gula hingga mencegah gagal ginjal. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya, karena seberapa manfaatnya buah ini juga memiliki efek samping.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Sepertiga Penerima Kartu Prakerja Sudah Tak Menganggur

BERIKUTNYA

Apple Luncurkan Pembaruan iOS 15.0.2, Apa Saja Perbaikannya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: