Ilustrasi (dok. Freepik)

5 Tips Sederhana Mencegah Penyakit Jantung

12 October 2021   |   08:56 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu penyumbang terbesar kematian di dunia. Dahulu penyakit ini banyak dialami para orang tua, namun belakangan ini, terjadi lonjakan kasus serangan jantung di kalangan anak muda loh.

Banyak ahli dan beberapa penelitian menyatakan bahwa kebiasaan gaya hidup tidak sehat menjadi faktor mengapa para anak muda terkena kondisi ini. Oleh karena itu, berikut beberapa perubahan gaya hidup yang harus kamu terapkan jika ingin menghindari penyakit kardiovaskular yang dikutip dari Times of India, Selasa (12/10/2021),
 

1. Tetap periksa tekanan darah dan kadar kolesterol.

Sangat penting bagi kita mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol untuk fungsi jantung yang sehat. Hipertensi dan kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk stroke dan serangan jantung. 

Tekanan darah dan kolesterol tinggi tidak memiliki gejala khas sehingga jika kita tidak sadar, ini dapat menyebabkan banyak komplikasi dalam jangka panjang. Untuk itu, penting diagnosis dini guna mencegah komplikasi lebih lanjut. 
 

2. Hindari menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan berolahraga secara teratur.

Menjadi tidak aktif secara fisik seperti bermalas-malasan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, ditemukan bahwa duduk dalam waktu lama dikaitkan dengan kondisi kesehatan kronis termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. 

Oleh karena itu, sudah saatnya mengubah cara dan mulai berolahraga secara teratur. Olahraga secara bertahap namun konsisten ya.
 

3. Ikuti diet sehat jantung.

Hindari makan makanan yang tinggi lemak trans. Lemak trans meningkatkan risiko terkena penyakit jantung termasuk stroke. Ini memblokir arteri kamu dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Lemak trans mempengaruhi hati dalam banyak hal. 

Jadi, diet jantung sehat terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan makanan kaya serat bisa menjadi solusi yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.
 

4. Menjaga berat badan yang sehat.

Tujuan penurunan berat badan tidak selalu agar tampilan bisa lebih menarik. Kita harus foku bahwa upaya ini dilakukan untuk pencegahan obesitas, yang meningkatkan peluang terkena penyakit kardiovaskular. 

Perhatikan indeks masa tubuh kamu. Jika kamu kelebihan berat badan, olahraga teratur dan memperhatikan apa yang kamu makan dapat menghasilkan keajaiban.
 

5.Hindari konsumsi alkohol, merokok, dan kelola tingkat stres.

Selain itu, merokok dan minum alkohol dapat mempengaruhi jantung secara negatif, ini meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida dalam darah, yang membuat kamu lebih rentan terhadap stroke dan gagal jantung kongestif. 

Selain itu, terlalu banyak stres memberi banyak tekanan pada jantung. Oleh karena itu, cobalah yoga atau latihan meditasi untuk mengurangi dan mengelola tingkat stres. Tidak hanya akan meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik, tetapi juga membuat kamu tetap dalam kondisi dan kerangka pikiran yang baik.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Wah, TWICE Debut di Tangga Lagu Billboard dengan Single The Feels

BERIKUTNYA

Atmosfer Planet Pluto Mulai Menghilang, Ada Apa?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: