Ilustrasi dukungan kesehatan mental. (Dok. Anna Shvets dari Pexels)

6 Tips Bantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

11 October 2021   |   17:25 WIB

Kesehatan mental kini mulai marak diperhatikan oleh masyarakat. Pasalnya, kehadiran masalah kesehatan mental memiliki dampak yang besar, karena bisa memengaruhi rutinitas seorang individu secara keseluruhan, dan bisa memengaruhi hubungannya dengan orang lain.

Saat ini, banyak orang yang sedang berjuang untuk menghadapi gangguan kesehatan mental seperti depresi hingga kecemasan. Oleh karena itu, peran orang terdekat seperti teman bisa menjadi salah satu hal yang membantu individu yang bersangkutan.

Jadi, simak tips untuk membantu teman yang sedang berjuang menghadapi gangguan kesehatan mental berikut ini ya!
 

1. Dengarkan dan validasi

Kemampuan mendengarkan dan memvalidasi kesulitan yang dihadapi orang lain menjadi salah satu hal yang penting bagi orang-orang dengan gangguan kesehatan mental. Dengan ini, Genhype bisa berempati dan bisa membuat orang tersebut merasa tidak sendirian.

Genhype bisa mulai dengan menanyakan apa yang mereka hadapi dan dampak yang dirasakan tanpa perlu menghakimi. Setelah itu, biarkan orang tersebut bercerita dengan bebas dan buat suasana yang menyamankan mereka.
 

2. Tanyakan tentang apa yang bisa dibantu

Menanyakan kepada orang lain tentang apa yang Genhype bisa bantu untuk mereka merupakan hal yang perlu dilakukan. Ini bisa membuatnya merasa ada orang lain yang bersamanya dan membuka ruang untuk meminta bantuan.

Jika memang bantuan yang diminta di luar kemampuan, Genhype baiknya tidak memaksakan diri. Genhype bisa meminta bantuan orang lain yang mungkin lebih mampu.

3. Rayakan kemenangan dan kesuksesan

Semua hal yang dirasakan orang dengan gangguan kesehatan mental akan terasa sulit dan menantang, sehingga adanya dukungan akan pencapaian atau kesuksesan bisa menjadi sesuatu yang bermakna bagi mereka sekecil apapun itu.

Hal ini juga bisa membantu mereka menyadari adanya proses dan pencapaian yang membuat hidup mereka terasa bermakna dengan perayaan yang dinikmatinya.
 

4. Tingkatkan pengetahuan tentang kesehatan mental

Belajar untuk memahami gangguan kesehatan mental yang dialami seseorang bisa membuat Genhype mengetahui cara-cara yang lebih baik dalam menangani orang dengan gangguan tersebut.

Tidak hanya itu, pengetahuan akan gejala dan kecenderungan bisa membantu Genhype sewaktu-waktu seseorang mulai terindikasi membutuhkan bantuan ahli profesional.
 

5. Pertimbangkan perasaan mereka dengan serius

Meski perasaan bisa saja salah, hal ini berbeda bagi orang-orang dengan gangguan kesehatan mental karena mereka cenderung ingin dimengerti dengan kondisi mereka yang tidak mudah dihadapi.

Genhype perlu untuk menciptakan ruang yang terlepas dari stigma dan prasangka, sehingga orang lain bisa merasa didukung dan percaya tanpa perasaan dihakimi.

Cara lain yang juga harus diingat adalah tidak meremehkan apa yang dia rasakan karena tingkat perasaan orang berbeda-beda dan cara yang lebih baik ialah untuk mendukung dan menyemangati dalam menghadapi gangguan kesehatan mental yang sedang dihadapi.
 

6. Cari bantuan profesional

Jika Genhype merasa kurang bisa membantu teman yang mengalami gangguan kesehatan mental, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mencari bantuan psikolog atau psikiater melalui referensi rumah sakit, klinik, atau layanan kesehatan daring.

Coba untuk mulai mencari layanan konseling hingga layanan kesehatan mental lainnya sehingga penanganan bisa segera dilakukan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

5 Fungsi GPU dalam Gadget yang Bikin Mata Betah Pantengin Layar

BERIKUTNYA

Mercedes Benz Indonesia Perkenalkan Dua Model Baru Mercedes-AMG

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: