Kualitas grafik layar laptop lebih baik berkat GPU. (Foto: pisjumbocom-Pexels)

5 Fungsi GPU dalam Gadget yang Bikin Mata Betah Pantengin Layar

11 October 2021   |   17:11 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Buat kalian yang suka dengan info-info terbaru seputar gadget, pastinya sering membaca informasi spesifikasi gawai dan smartphone yang salah satunya bisa dilihat dari kekuatan Graphic Processing Unit (GPU). Apalagi buat kalian yang suka dengan aplikasi ponsel dengan kualitas gambar tinggi seperti gaming, tentu akan sangat memerhatikan kapasitas GPU. 

Tapi sebenarnya buat apa sih GPU itu dan bagaimana cara kerja chip ini sehingga membuat pemrosesan gambar menjadi cepat dengan resolusi tinggi. Sebelum ke situ, kita simak dulu asal mula GPU ini dikembangkan dan menjadi komponen penting dalam spesifikasi gadget saat ini. 

Mengutip situs baktikominfo.id dijelaskan bahwa sebenarnya berbagai proses komputasi yang terjadi di dalam komputer tadinya diselesaikan hanya dengan otak utama dalam central processing unit (CPU) sebagai pusat kendali. Namun seiring berjalannya waktu, tuntutan akan tampilan grafis yang makin tinggi, serta penggunaan berbagai software untuk keperluan yang berkaitan dengan objek 3D makin meluas, CPU tidak lagi mampu bekerja optimal.

(Baca juga: Ini Lho Perbedaan Layar LCD dan E-Ink)

Kondisi itu melahirkan apa yang disebut GPU yang fungsi utamanya adalah membantu kerja CPU. Dalam definisinya, GPU merupakan chip yang dapat diprogram dan dispesialisasikan untuk keperluan display atau tampilan. GPU akan bertugas untuk melakukan render pada gambar, animasi, serta video yang akan ditampilkan pada layar laptop atau desktop dan ponsel. Letaknya tidak jauh dari otak utama komputer yakni CPU dalam motherboard.

Ketika beraktivitas, khususnya saat yang berhubungan dengan display seperti desain grafis atau menonton film serta bermain game online, tentu kita mendambakan gambar yang halus serta detail. Ini mengapa kemudian GPU banyak disematkan pada perangkat yang memang memiliki kapabilitas untuk memproses dan menampilkan grafis yang baik.
 
Nah fungsi GPU pada bagian ini dispesialisasikan untuk memproses grafis dan menampilkannya pada layar. Namun apa hanya ini saja fungsi dari GPU? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.
 

1. Memproses masukan grafis dan menampilkannya pada layar monitor.

Fungsi utama GPU adalah memproses masukan grafis yang ada, kemudian menampilkannya pada layar monitor dengan kualitas yang tinggi. Hal ini banyak diperlukan oleh pegiat animasi, desain grafis, serta pemain game yang semakin hari semakin menuntut grafis yang lebih baik.
 

2. Mendukung proses kerja desain grafis.

Peran besar sangat terasa untuk kalian yang berkutat dengan desain grafis. Pembuatan maket dan blueprint proyek tertentu, atau Anda yang berkutat pada kegiatan video dan photo  editing. Tanpa kehadiran GPU, aktivtas kalian tidak akan senyaman sekarang ini, di mana GPU telah menjadi salah satu syarat utama dalam setiap perangkat gawai modern.

Awalnya berbagai komputasi terkati grafis bisa dilakukan juga oleh CPU yang menjadi otak utama. Namun seiring berjalannya waktu, komputasi grafis yang dilakukan menjadi semakin berat dan menghambat kerja CPU untuk melakukan komputasi lainnya. Kemudian dengan adanya GPU, komputasi grafis dipisah dan dibebankan pada perangkat chip GPU ini agar lebih optimal hasilnya.
 

3. Komputasi berulang untuk big data.

Fungsi GPU yang lain, di luar keperluan grafis, adalah untuk melakukan komputasi pararel pada data yang berjumlah banyak. Jika Anda yang beraktivitas dengan banyak aplikasi non grafis yang memerlukan komputasi berulang dan terus menerus, GPU akan sangat membantu Anda meringankan pekerjaan ini.

Contoh nyata dari komputasi berulang, yang menuntut performa optimal adalah penambangan cryptocurrency. Proses ini menuntut kinerja dan daya tahan GPU yang tinggi agar dapat menghasilkan penambangan yang optmal. Penambang cryptocurrency ini selanjutnya akan memerlukan GPU dalam jumlah yang tidak sedikit, serta kinerjanya bisa terintegrasi.
 

4. Tampilan grafis yang halus pada smartphone.

GPU sendiri tersemat pada hampir setiap perangkat gadget yang kini beredar, khususnya pada pasar komputer atau laptop grafis, hingga smartphone. Mengingat kini smartphone juga semakin canggih dan menyediakan berbagai aplikasi yang menuntut tampilan 3D, maka keberadaan GPU menjadi penting.

Pada smartphone tanpa GPU, tampilan grafisnya akan tampak lebih kasar dan kurang halus. Smartphone seperti ini biasanya tidak diandalkan buat bermain game atau aplikasi lain yang menuntut tampilan grafis maksimal. Beberapa diantara GPU yang banyak digunakan pada smartphone antara lain Mali, Tegra, PowerVR, Adreno dan yang lainnya.
 
Keberadaan GPU sangat signifikan dengan perkembangan grafis dan tampilan yang muncul pada layar komputer atau smartphone yang saat ini beredar di pasaran. Resolusi yang makin besar serta tampilan gambar makin halus dan detail, tidak akan nampak jika perangkat tidak dilengkapi dengan chip GPU handal.
 

5. Membantu prosesor melakukan komputasi berat.

Meski demikian, fungsi GPU sendiri tidak terbatas pada urusan grafis saja. Pada kondisi tertentu, GPU dapat membantu kerja CPU guna melakukan komputasi berat. Tujuannya sederhana, agar proses komputasi bisa berjalan lebih cepat dan waktu yang digunakan untuk menunggu proses menjadi leibh singkat.

Perkembangan teknologi GPU sendiri juga sama cepatnya dengan perkembangan teknologi lain. Penyesuaian harus senantiasa dilakukan agar setiap perangkat yang ada dalam gadget kalian senantasa kompatibel dan bisa bekerja dengan optimal. Keseimbangan setiap perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan akan memberikan performa komputasi yang tinggi.

Kehadiran GPU sendiri pada akhirnya membuat mata kita makin betah berlama-lama memandang layar monitor perangkat elektronik. Tampilan detail, gambar yang tajam, gerakan yang halus, makin lama akan makin mendekati apa yang kita lihat di dunia nyata. Meski masih terus dikembangkan, teknologi GPU yang ada saat ini dirasa sudah sangat memanjakan mata kita dalam menikmati berbagai konten digital yang beragam setiap hari. Sangat menyenangkan bukan?.

SEBELUMNYA

Juara Indonesian Idol Anneth Delliecia Tampil Keren di Asia Song Festival

BERIKUTNYA

6 Tips Bantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: