Ilustrasi long distance relationship (dok: Riliv)

4 Tips Mempertahankan LDR biar Langgeng

11 October 2021   |   10:12 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Sudah menjadi konsekuensi jelas bagi kalian yang menjalani long-distance relationship (LDR) alias hubungan jarak jauh menghadapi tantangan berat dalam mempertahankan hubungan. Pasalnya, hubungan romantis yang idealnya diwujudkan dengan intensitas pertemuan secara fisik justru menjadi sulit dilakukan.

Banyak pasangan yang merasa tidak dapat bertemu secara fisik justru menjadi sebab awal kerenggangan. Namun, beberapa pasangan merasa LDR menjadi sebuah bumbu yang menyenangkan dan sarana memperkuat kepercayaan.
 
Psikolog Riliv Ni Made Putri Ariyanti menjelaskan LDR dapat menjadi hubungan yang sulit, karena membutuhkan komunikasi yang jujur dan terbuka. Namun, kalau kedua pasangan berusaha, maka hubungan LDR itu bisa berhasil.

Lalu, bagaimana cara agar kamu bisa tetap nyaman untuk terus menjalankan hubungan LDR bersama pasanganmu?  Berikut ini adalah tips untuk bahagia bersama pasangan selama LDR:
 

1. Saling percaya terhadap satu sama lain

Dalam hubungan romantis pada umumnya, kamu harus percaya kalau pasanganmu tidak akan selingkuh dengan orang lain. Apalagi, dalam hubungan LDR, di mana kamu hanya bisa berjumpa melalui layar dan mendengar suara satu sama lain di telepon.

Merasa sulit untuk mempercayai pasanganmu? Mulailah dengan meyakini bahwa ia juga menaruh kepercayaan terhadapmu. Maka, kalau kepercayaan itu dikhianati olehnya, artinya ia yang tidak becus dalam menjaganya. Jadi, bukan salahmu!
 

2. Lakukan komunikasi, tapi jangan mengekang

Komunikasi adalah kunci. Hal itu juga berlaku dalam hubungan LDR—bahkan, lebih berarti. Karena, komunikasi yang menggunakan perantara seperti laptop atau gawai akan menimbulkan lebih banyak kesalahpahaman daripada komunikasi tatap muka.

Menyampaikan bahwa kamu tidak suka kalau pasanganmu tidak membalas chat-mu selama berjam-jam itu bagus. Namun, hati-hati saat berkomunikasi, ya. Bisa-bisa, kamu melewati batas dengan memaksakan keinginanmu kepada pasanganmu.
 

3. Posisikan dirimu sebagai pasanganmu

Salah satu “keuntungan” dari hubungan LDR adalah kebebasan yang diberikan. Kamu bisa me-time lebih banyak dan bertemu teman lebih sering. Eits, tapi, jangan sampai terlena, ya!

Sebelum menerima ajakan untuk nge-date dari orang lain, atau merespons rayuan mereka, coba posisikan dirimu sebagai pasanganmu. Beberapa kilometer dari tempatmu, pasanganmu percaya kalau kamu tidak akan menyakitinya.
 

4. Jadikan LDR sebagai sebuah 'tes'

Berhentilah berpikir bahwa LDR adalah sebuah hambatan yang harus disingkirkan dalam hubunganmu. Mulailah mengadopsi mindset ini: kamu yang kuat menghadapi LDR bersama pasanganmu juga akan membuat hubungan itu lebih kuat lagi.

Maka, nikmatilah LDR bersama pasanganmu. Bisa saja, LDR membuatmu mengevaluasi hubunganmu dalam perspektif yang baru. Sehingga, hubunganmu akan menjadi lebih awet daripada sebelumnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kisah Lee Seung Gi yang Terganggu Akibat Gangguan Kesehatan Mental

BERIKUTNYA

Ini Bocoran Awal Konflik dalam Trailer Perdana Film Kadet 1947

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: