Ilustrasi sandwich- The Matter of Food (Unsplash)

Cocok untuk Jadi Bekal, Ini 4 Tips dan Resep Sandwich Sehat

29 July 2021   |   17:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sandwich adalah salah satu makanan ringkas yang digemari banyak orang. Makanan yang biasa disebut roti lapis ini biasanya terdiri dari sayuran, keju atau daging yang diiris dan diletakkan di antara irisan roti. Makanan yang sudah populer di dunia Barat itu seiring waktu juga menjadi makanan favorit di seluruh dunia.

Cara membuatnya yang sangat mudah, menjadikan jenis makanan satu ini sangat cocok sebagai menu bekal makan siang yang bisa dibawa ke tempat kerja, sekolah, atau saat piknik. 

Agar sandwich yang kamu konsumsi tetap mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, berikut ini beberapa tips untuk membuat sandwich yang sehat. Simak yuk.

1. Roti
Roti adalah salah satu bahan dasar penting dalam sandwich. Kamu bisa memilih roti yang berlabel 100 persen gandum utuh atau bebas gluten. Sebab, roti dengan kategori seperti itu terbuat dari biji gandum utuh yang mengandung lebih banyak nutrisi dan serat sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk diolah dan terurai dalam tubuh.

2. Sayuran
Sayuran dalam sandwich bisa menambah isi, tekstur, rasa, dan tentunya nutrisi yang baik untuk tubuh. Kamu juga bisa menambahkan sayuran dengan berbagai warna agar sandwich makin menarik. Makin variatif warna sayuran yang digunakan, akan makin banyak nutrisi fitokimia, vitamin, dan mineral yang kamu berikan untuk tubuh.
 

Ilustrasi sandwich-Eiliv-Sonas Aceron (Unsplash)

Ilustrasi sandwich-Eiliv-Sonas Aceron (Unsplash)
 

3. Protein
Protein juga menjadi kunci dalam membuat isian sandwich yang sehat. Kamu bisa menambahkan beberapa irisan daging dada ayam panggang, ikan tuna, daging kalkun atau telur. Ada juga beberapa protein nabati yang bisa menjadi alternatif isian seperti kacang-kacangan, hummus atau mentega kacang.

4. Bumbu
Supaya sandwich tidak terasa hambar, kamu juga bisa menambahkan beberapa bumbu yang bisa memberikan rasa pada sandwich. Kamu bisa menambahkan yoghurt, hummus, atau guacamole yang bisa melengkapi protein dan lemak sehat yang ada pada sandwich. 

Jika kamu ingin mulai membuat sandwich yang sehat, berikut ini beberapa ide isian yang bisa kamu coba.
  • Sandwich Mediterania
Roti gandum utuh, humus, bayam, mentimun, tomat, grilled chicken, dan keju feta.
  • Sandwich Turki
Roti gandum utuh, hummus, selada, irisan daging kalkun panggang, irisan apel dan keju cheddar.
  • Sandwich Tuna
Roti pita gandum utuh, yoghurt, daging tuna, mustard, bayam, tomat, dan keju feta.
  • Sandwich Meksiko
Tortilla gandum atau jagung, guacamole, selada, tomat, kacang hitam, dan keju cheddar.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

UNIQLO Buka Sentra Vaksinasi Covid-19 di 5 Wilayah, Cek di Sini

BERIKUTNYA

Perlu Kolaborasi & Teknologi Untuk Tangani Sampah Makanan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: