Sketsa wajah Zodiac Killer. (Dok. Departemen Kepolisian San Francisco)

Diburu Bertahun-Tahun, Identitas Zodiac Killer Akhirnya Terungkap

09 October 2021   |   18:55 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sebuah tim spesialis penyelidik kasus-kasus rumit untuk dipecahkan mengumumkan telah mengidentifikasi Zodiac Killer, salah satu pembunuh berantai paling aktif di Amerika yang meneror masyarakat di daerah San Francisco pada akhir 1960-an, dengan serangkaian pembunuhan brutal dan teka-teki yang tak terpecahkan.

The Case Breakers, sebuah tim yang terdiri dari lebih dari 40 mantan penyelidik penegak hukum, jurnalis dan perwira intelijen militer, telah menangani misteri lain seperti D.B. Cooper, hilangnya mantan bos serikat buruh Jimmy Hoffa dan kasus-kasus lain yang belum terpecahkan. 

Para penyelidik mengatakan pria yang meneror daerah San Francisco pada akhir 1960-an adalah Gary Francis Poste.

Namun, polisi tidak pernah menangkapnya, dan ternyata dia meninggal pada 2018. Poste berhasil menghindari pihak berwenang tidak hanya di Bay Area, tetapi juga melakukan pembunuhan ratusan mil jauhnya -- pembunuhan yang sebelumnya tidak terkait dengannya.

Zodiac Killer dikaitkan dengan lima pembunuhan yang terjadi pada tahun 1968 dan 1969 di wilayah San Francisco.

Tidak seperti kebanyakan pembunuh berantai, Zodiac mengejek pihak berwenang dengan sandi rumit dalam surat yang dikirim ke surat kabar dan penegak hukum. 

Pembunuhan telah melahirkan buku, film dan dokumenter di tahun-tahun sejak itu, dan detektif amatir dan profesional telah meneliti kasus ini dalam upaya untuk membuka kedok si pembunuh.
 

Kekejian Zodiac Killer menginspirasi para sineas di Hollywood untuk menciptakan film berlatarbelakang kisah tersebut. Salah satunya,  Zodiac, yang dibintangi Jake Gyllenhaal, Robert Downey Jr. dan Mark Ruffalo.


The Case Breakers dilaporkan menghabiskan bertahun-tahun menggali bukti forensik baru dan foto dari kamar gelap Poste.  Tim ini rupanya menemukan foto yang menampilkan bekas luka di dahi Poste yang cocok dengan bekas luka di sketsa Zodiac.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Profil Maria Ressa, Jurnalis Filipina Penerima Hadiah Nobel Perdamaian

BERIKUTNYA

7 Tips Ini Bikin Riasan Kamu Lebih Cantik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: